2/07/2015

Tips Liburan Hemat Ke Jogja

Siapa yang gak suka travelling? Sekarang ini, travelling bukan Cuma buat orang-orang berduit aja. Kita sebagai manusia irit a.k.a pelit, juga bisa travelling lho! Oh ya, buat yang suka travelling kalian harus bisa meminimalisir keuangan agar gak kehabisan di tempat tujuan. Kok gitu? Yaialah. Kata temen-temen gue yang masih bujang, uang adalah..


“Kalo menurut gue, uang itu bukan segala-galanya, tapi segala-galanya butuh uang” @abiasanti – Mahasiswa UNS SOLO

Gue paham. Mungkin maksud dia, kalo kita gak ada uang, kita gak bisa travelling. Sotoy? Bodo amat.


“Ya uang buat hidup, buat ibadah, buat mencukupi kebutuhan sehari-hari aja, kalo ga ada uang, kita beli pake apa? Kalo gak ada uang juga kita mau pergi haji gimana? Kalo gak ada uang kita kalo sakit beli obat pake apa? Ya intinya uang sangat penting buat aspek kehidupan sehari-hari kita, minimal untuk bertahan hidup” @edobarlyans – Alumni IPB

Tuuh, minimal buat bertahan hidup. Hidup di tempat tujuan yang akan kita tuju sebagai tempat yang sudah dari lama ingin dituju. Hahlah, ribet. Intinya uang itu sangat amat penting. Kalo lo mau travelling, lo harus punya uang, makanya jauh-jauh hari harus udah di persiapin. Nanti gue akan siapin tips hemat buat liburan!


“Uang sesuatu yang bisa jadi sangat berharga terkadang orang bisa lupa diri sehingga melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Padahal harus diketahui, uang adalah rezeki setiap orang yang kita tidak usah khawatir bagaimana mendapatkannya karena akan datang dengan sendirinya melalui berbagai macam perantara” @dedyadan – Alumni UNS SOLO – 23thn

Nah kan, berat banget kata-kata si bujang satu ini. Oke intinya kita gak boleh mendapatkan uang dengan cara-cara yang tak semestinya kita lakukan. Apa lagi untuk sesuatu yang menyenangkan. Gak akan bermanfaat gue jamin. Kalo lo nyuri uang emak lo di lemari baju buat travelling, gue yakin liburan lo gak akan menyenangkan. Toh sesuatu yang menyenangkan harus diimbangi dengan sebuah pengorbanan toh? Kan enak, kalo lo udah lama nabung, pas uang nya kekumpul lo pake buat travelling rasanya nikmaaaat banget. Udah gak jaman deh sekarang minta sama orang tua. Anak muda kaya kita gini sebagai penerus bangsa harus nunjukin kalo kita juga bisa berdikari. Wohoooo!

Terus kapan gue certain travelling ke Jogjanya? Sabaar. Tarik nafas. Buang. Tarik nafas. Tahan. Diamkan selama 5 menit. Apa yang terjadi. Lo pingsan! Haha, emang lo gak mau dengerin tips gue dulu, biar hemat saat travelling? Lumayan tips ini gue udah praktekin sendiri jadi tingkat keberhasilan nya 95%, sisanya, tergantung Tuhan yang bertindak. Gue gak tanggung jawab ya kalo lo udah jalanin tips gue, tiba-tiba pas mau eksekusi, dosen lo manggil buat bimbingan. Bukan salah gue! Gue juga gak bertanggung jawab kalo tips ini gagal karena Bos lo gak ngijinin lo liburan karena ada tugas mendadak. Bhay, gue gak ikutan.

Berikut Tips Hemat Saat Liburan

Yang harus lo lakuin pertama kali adalah tentukan tujuan yang ingin lo datengin! Gue saranin gak usah ke luar negeri dulu. Emang Indonesia udah lo jelajahin semua? Sumpah gue sotoy banget waktu diskusi sama temen gue. “Ke Jogja aja” kata temen gue yang emang lagi kuliah di Jogja. Dan dengan celetukan bodoh gue, gue bilang “Jogja? Bosen. Ke Jogja mulu!” dan temen gue yang denger gue ngomong kaya gitu, gue yakin dia pengen – pengen – sangat penget pake banget unyeng-unyeng ubun-ubun gue kayanya. “Heh sotoy! Paling lo ke Jogja cuma ke Malioboro, Candi Borobudur, Candi Prambanan doang kan?” dih malesin banget nih orang dalem hati gue. Berasa anak indigo, bener banget ramalannya. Okey lupain, lo gak perlu ikut dalam perdebatan gue intinya ya gaes, yang pertama tentukan tujuan yang ingin lo datengin!

Yang ke dua, tentuin lo kesana mau bulan apa dan naik apa! Nah kebetulan gue pernah ngalamin ini gaes. gue salah bulan. Gue dateng ke tempat liburan di liburan natal dan tahun baru. Transportasi yang pengen gue pakai ludes, naik Kereta api tujuan ini habis, tujuan itu habis. Pesawat tujuan ini mehong, tujuan itu jam segitu gak nahan mehong nye. Pastikan lo liburan di waktu orang-orang lagi gak liburan panjang, gak libur anak sekolahan, gak libur nasional, dan lo gak usah liburan juga, deemm gak bener banget gue. Haha, gak! Lo harus atur jadwal, lo mau liburan bulan apa dan naik apa, pesen tiket dari jauh-jauh hari dijamin murah! Iye murah, pas kan buat kita yang hemat alis pelit!

Yang ketiga, cari tempat penginapan yang murah dan nyaman dari jauh-jauh hari! Dilema banget ini, kalo lo kehabisan penginapan atau kamar hotel di tempat tujuan, mau jadi gembel dijalanan lo? Haha, kecuali tempat yang lo datengin kaya Jepang itu beda lagi, lo bisa sepuasnya tidur di jalanan tanpa mikirin A, B, C, D! gue kasih tau, sebisa mungkin lo reservasi tempat penginapan dari jauh-jauh hari biar gak kehabisan. Karena kalau lo kehabisan, lo bisa mengeluarkan uang yang lumayan buat menginap yang gak sesuai sama yang udah kita targetin dan rencanain! Sayang banget kan uangnya, bisa buat keperluan yang lain lho, termasuk oleh-oleh buat orang rumah!

Yang keempat, cari destinasi tempat yang ingin lo kunjungin, dan cari tau berapa harganya, selain itu lo cari tau kesana bisa naik apa! Nah ini, sebagai salah satu tips hemat. Semuanya harus lo rencanakan sematang-matang nya biar gak keluar uang dengan sia-sia! Misalnya lo mau ke Jogja, lo mau kemana? Harga tiket masuk berapa? dan gue saranin selama lo wara-wiri lebih hemat kalo nyewa motor! Mau tau penyewaan motor yang murah? Cari sendiri sana di kaskus, masa iya gue kasih tau juga? Wani piro? Haha

Dan tips yang terakhir, biar lo hemat di saat liburan adalah hubungin kerabat dekat lo yang ada di daerah yang ingin kita tuju! Gue jamin bakalan hemat sehemat – hematnya! Misalnya waktu gue liburan, gue ngabarin sodara gue buat jemput gue di stasiun (gue dijemput = hemat ongkos) sesampainya disana gue dijamu di rumah sodara gue (dijamu, bukan minum jamu = hemat biaya makan) gue yang notabene nya gak tau apa aja tempat yang keche buat liburan, gue di ajak jalan-jalan ke tempat wisata yang super duper keche (gak perlu bayar guide = hemat mat mat) haha, jadi pintar-pintar lah berkawan, kalo lo pandai berkawan, dimanapun lo berada, lo bakalan bisa hemat! Camkan itu kisanak! Asal lo tau diri aja, jangan kesenengan dibayarin terus.

Okee, udah teller ya dengerin gue cuap-cuapnya? Ketiduran ya? Apa pengen dengerin gue cerita lagi? Apapun jawaban lo, gue ga akan gubris. Haha, berkat rekomendasi temen untuk liburan ke Kota paling kreatif buat gue. Akhirnya gue beserta temen-temen memilih untuk berwisata ke JOGJA! Ya Jogja, tempat yang gue kira Cuma gitu-gitu aja ternyata menyimpan puluhan tempat wisata keche! Gue memutuskan untuk naik Bis, biar lebih greget perjalananya.

Setiap detiknya lo bakal ngerasaan jantung mau keluar, gimana engga? Lo tau kan gimana kalo abang-abang supir bis bawa kendaraan? “Jalanan berasa punya dia seorang, berasa jadi Raja Jalanan!”, Bis yang segede itu berasa sepeda, nyelip mulu. Heran gue. Oke satu tiket Bis kita cukup membayar Rp 275.000 gue naik PAHALA KENCANA dari Bekasi – Jogja jam 18.00 berangkatnya, sampainya? Jam 17.00.

Oh, yes. Tiketnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan setelah adanya kenaikan BBM, tapi jangan khawatir. Di Bis nya lo bakalan bisa tidur pules, selain jarak bangku yang depan dan belakang lumayan lega, lo bakal dipinjemin selimut dan bantal. dan lo bisa nemuin kamar pipis, buakan kamar mandi atau pup, gue bilangin gak bisa. Kalo lo mau pup? Tahan! Istirahat nya 3 kali, lo juga bakalan dapet snack dan makan pagi. Kalo gue bilang ya lumayan oke sih.

Sesampainya di Jogja gue nyewa motor, ya biar wara – wiri ke tempat wisatanya gampang sih. Kebetulan gue dapet kenalan dari kaskus, dan dapet harga murah buat nyewa motor empat hari tiga malam seharga Rp 300.000 nah, lo bagi dua deh tu sama temen lo, so satu orang-satu orang bisa Rp 150.000 empat hari tiga malem, murah banjet bukan? Kalo lo mau Tanya apa nama penyewaan motornya line gue aja astridputrinda, tapi entar gue naikin harganya. Hahaha, gak deh. Cari sendiri lah udah gede ini lu.

Udah bikin list mau kemana aja? Terus penginapan udah dapet belom? Kebetulan gue bermalam di rumah temen gue, jadi gue terbebas dengan yang namanya ‘biaya penginapan’ ngah-ngah-ngah! Kalo lo mau Tanya siapa temen gue, rumahnya dimana? Gue gak mau jawab, mau ngasih apa lo ke gue biar gue kasih tau? Haha.. gue saranin lo cari penginapan dari jauh – jauh hari, atau lo ikutin langkah gue. Cari temen, sodara, kenalan siapapun yang bisa lo tumpangin (kalo dia mau).

Perjalanan selama 23 jam sukses bikin pantat gue menipis, dan akhirnya gue beserta temen-temen memutuskan beristirahat sejenak dan menikmati suasana Gunung Kidul. Makan malam dimana kita? Gue pengen gudek! Permintaan gue di amini semuanya. Akhirnya kita memutuskan untuk beli gudek di Kota Jogja. Sepiring dengan lauk ayam suir, krecean, gudek, krupuk, es teh manis, lo cukup membayar Rp 18.000 eh, kan gue lupa itu segitu udah sama sate telor puyuh belom ya? Gue lupa, karena saking asiknya, lupa kembaliannya berapa. Ah abaikan, pokonya dengan harga segini lo bakal dapet makanan enak gaes! Rasanya wuenak tenan! Gak salah deh kenapa tempat ini selalu ramai di datengin pengunjung, kalo mau cari tempatnya, letaknya lurus aja dari tugu gak jauh kok. ada di pinggir jalan dia jualan dengan baskom segede gaban pake terpal plastic buat ibu-ibu yang jualan atau ngeladenin.

Apa mau dikata? Udah tanggung banget sampai di daerah Tugu, ahirnya kita jalan-jalan ke Malioboro. Ah lo pasti udah bosen dengernya. Tapi jujur aja, Malioboro emang surganya belanja di daerah Jogja. Kalo lo pinter nawar lo bakalan dapet harga miring dengan kualitas kw 1. Alunan music dari sekumpulan anak-anak muda kreatif Jogja begitu berdengung di telinga gue dan itu merupakan hal yang lumrah dan dapat ditemui disepanjang jalan Malioboro ini. Gak jauh dari situ ada Monumen Serangan Umum Satu Maret, di tempat ini cukup ramai. Lo bisa ngeliat kumpulan orang yang sedang bermain sepatu roda, mirip-mirip lupus? Haha, dan masih banyak lagi yang gak mau gue sebutin. Pokoknya lo harus dateng sendiri ketempat itu. Udah ya bhay, gue lanjut ke hari selanjutnya.
* * *
Gue bangun pagi-pagi pake banget bareng temen-temen! Gak mau ketinggalan Sun Rise, tapi itu Cuma rencana. Kenyataannya kita pada bangun kesiangan, sekitar jam 9 pagi. Alesannya? Lelah – lelah badan ini, huwo.. huwo.. setelah semua pada bangun, dan gak ada yang mandi. Gue? Gue mandi tapi nanti kalo udah selesai pulang dari jalan-jalan. Karena sebelumnya udah di list kita mau kemana aja, jadi kita tinggal datengin satu-satu.

Gue dan temen-temen, berencana buat kunjungin semua pantai yang ada di Gunung Kidul. Tapi berhubung kesiangan, gak tau nih keuber apa enggak. Biaya masuk satu orang Rp 9.500 dengan membayar segitu lo bisa ke dua belas pantai dalam satu lokasi. Dan pantai pertama yang kita datengin adalah Pantai Baron. Jangan lupa bayar parkir seharga Rp 2.000 terserah lo, mau lo bagi dua apa berapa biaya parkirannya (medit) haha.




Arus di Pantai Selatan ini memang paling dasyat di bandingin arus pantai-pantai lainnya. Jadi ada semacam peringatan, untuk dilarang berenang ke tengah pantai. Berbahaya! tangga menuju puncak menarik perhatian gue sama temen-temen. Akhirnya kita tanpa pikir panjang langsung berjalan kearah tangga, dan ada seorang anak kecil yan menyambut kami “Naik ke atas bayar Rp 2.000” yowes, langsung aja kita kumpulin uang dan setor ke mba-mba cilik itu agar bisa naik ke atas menara.
***
PANTAI BARON
Sumpah, gue gak akan pernah nyesel pernah naik ke atas menara ini, walupun pegel, capek, tapi terbayarkan semua. Gue gak mau kasih tau lo. Lo cobain aja sendiri. Naik ke Menara, harus bayar Rp 5.000, OH yes, didalam menara ada 8 tangga, dikit delapan mah. Coba geura. 




Di dalam menara ini banyak banget tomcat, jadi hati-hati jangan sampai menginjak ya gaes! menara ini di dalam naungan Kementrian perhubungan , gue kira perikanan dan kelautan Ibu Susi, ternyata beda. Karena emang menara ini di buat untuk alat komunikasi kapal-kapal dengan mercusuar. Kepala staff di sini Bapak Bambang Edi menjelaskan, bahwa tadinya menara ini gak sekece ini dan gak dibuka buat warga. Baru tahun 2014 ini direnovasi dan dibuka untuk umum. 


Dari atas sana gue berasa di Bali, padahal pemandangan sekeche ini bisa lo dapet di Pantai Baron, Gunung Kidul.





Setelah ke Pantai Baron, lo keluar dikit di sana ada Pantai Kukup. Kalo lo emang petualang sejati, lo bisa jalan kaki ke Pantai Kukup. Dan gak lupa bayar Rp 2.000 untuk parkir motor, kalo lo bawa motor.
***
PANTAI KUKUP
Apa ini perasaan gue doang? Pantainya masih kerenan Pantai Baron? Pantai Kukup lebih deras ombaknya, dan lo bisa liat di sekitar pantai kukup ada tempat beli ikan-ikan hias laut. Bagi pencinta ikan, bisa banget nih nongkrong dulu di marih sambil ngopi cantik sama bang-abang yang jual. kemudian salah satu teman gue mengusulkan untuk pindah ke GOA PINDUL? Karena sudah kegerahan, maka kami putuskan untuk bermain air. Cuss. .






GOA PINDUL
Saat gue dan sekumpulan manusia-manusia keche dengan atribut lengkap mau tamasya menuju letak Goa Pindul, kita di susul dengan seorang lelaki dari crew Goa Pindul. Gue masih inget kata-kata dia “Mau ke Goa Pindul ya? Kebetulan saya crew dari Goa Pindul, bareng saya aja” gue Cuma liat-liatan sama temen-temen gue. Tanpa pikir panjang kita mengiya kan ajakan mas-mas itu. Kalo mas-mas itu macam-macam tinggal kita sekep, hahaha. Tapi sepertinya mas-mas itu baik, salah banget kita suudzon kemudian dari balik telinga terdengar samar suara Aa Gym menyanyikan lagu Jagalah Hati, Jangan Kau Kotori, Jagalah Hati Lentera Hidup Ini . . dan tanpa terasa Goa Pindul sudah didepan mata.

Ada banyak pilihan lo bisa cek di web nya, ada apa aja. Gue sama temen-temen sepakat buat milih Ke Goa Pindul Rp 35.000 dan Rafting Rp 45.000. Yaah, air nya berwarna cokelat. Ini dikarenakan lagi musim hujan. Kalo gak musim hujan gue jamin lo bakal nemuin warna air yang jernih. Buat tau gimana rasanya cobain sendiri! Estimasi ke Goa Pindul 15.00 – 18.00 untuk dua wahana.

Udah dulu ya, sebenernya masih banyak wahana yang pengen gue certain. Tapi bersambung aja gimana? Cape gue belom ilang nih. Ngah-ngah-ngah.. Bhay!