8/21/2018

Pengalaman PROMIL "Program Hamil"

Setelah absen beberapa bulan nulis blog, akhirnya mood kembali datang bersama beberapa pengalaman yang ruaar biasa *tsaelahh

Gue rasa, setiap pasangan yang baru saja melangsungkan sebuah pernikahan pastinya berharap si malaikat kecil segera hadir ditengah-tengah keluarga baru. Yaap! Termasuk gue yang berharap banget si kakak cepat hadir didalam kehidupan gue. Berbagai cara gue lakuin agar 'gue dikategorikan subur'. Ngapain aja lo strid?

Setelah nikah, nyokap setiap hari bikinin gue sari kacang hijau dan gak lupa temen kantor gue yang super duper ciamik *caelah Laksmi Hanani setiap pagi gak pernah absen bawain gue susu kedelai. 

Itu aja? Engga tjcuuy! Gak lupa gue minum susu PRENAGEN esensis dan gak ketinggalan gue beli sepaket madu saheela dan bubuk buah zuriat yang konon katanya dapat meningkatkan kesuburan para wanita.

Serangkaian program gue jalanin demi si buah hati. Tapi Allah punya rencana lain. Di bulan pertama gue mens, bulan kedua, bulan ketiga dan sampai pada akhirnya gue nangis dipelukan mamas sambil berkata “mas, kok kita belum punya anak ya. Padahal aku udah berusaha semampuku” tumpah ruah tangisan gue kala itu. Mamas yang ngeliat gue dengan kondisi seperti ini 'yang jelas gak tega banget' tapi apadaya.

Pernikahan kami gak semulus paha para personil SNSD, disaat pernikahan kami yang ke dua minggu, mamas harus ngejalanin DIKLAT di RINDAM selama 2 minggu. Ya sedih, ya kesel, ya bingung perasaan campur aduk. Disaat pernikahan yang seharusnya masih 'hot-hot nya' kami harus terpisah selama 2 minggu, tanpa komunikasi.

Itu aja? Engga! Mamas juga harus DIKLAT ke Cipayung selama satu bulan, DIKLAT ke Tanjung Pinang selama 2 minggu, Berlayar ke Batam selama seminggu. Perjalanan kita berat tjuy. Belom lagi setiap ketemu orang, gue selalu ditanya “UDAH ISI BELOM”, “UDAH ISI YA, GENDUTAN IH” biasanya kalau mamas denger, dia cuma usap-usap punggung gue  dan bilang “sabar ya, gak usah didengerin omongan orang” jadi anggap saja kami melakukan LDR dari awal pernikahan kami *tjiyee

Kami memutuskan untuk konsultasi ke dokter karena rasa penasaran yang begitu kuat. Banyak pertanyaan dibenak gue. “apa iya gue subur?” “apa iya gue normal gak ada masalah dengan rahim?” “kalau ada kista atau miom gimana” pokoknya pikiran jelek gue mulai bermunculan satu demi satu.

Karena rumah sakit yang kita kunjungin itu deket banget sama rumah, yap akhirnya kita memutuskan untuk berobat ke dokter YENNI A JULIZIR, DR, SPOG. Berdasarkan hasil googling gue. Dokter Yenny adalah istri pemilik RS ANNA PEKAYON dan beliau cukup senior di rumah sakit tersebut dengan banyak pengalaman yang ia miliki.

Perasaan gue campur aduk ketika nama gue dipanggil, gue dan mamas masuk ke dalam dan coba konsultasi sama dokter. Pertanyaan yang biasanya dokter tanyakan adalah,

“haid terakhir, mulai tanggal berapa?”

“ada keluhan gak”

“udah berapa lama menikah?”

Gue menjawab
“bulan Desember dok nikah, berarti sudah dua bulan dok” 

“ya ampuuuuuuuuuuuuuun, aduh penganten baru buru-buru amat. Kepagian, periksa hari gini”

“hah?!" Jawab gue dalam hati, ya ampun. Gue gak nyangka akan mendapat jawaban seperti ini. Ya tapi tetep aja, gue pengen cepet-cepet isi. Umur gue udah 26 cuy. Udah gak muda lagi. 4 tahun lagi gue 30 tahun. Gak rela aja, kalau nanti pas gue jalan sama anak gue dibilang ‘lagi jalan sama omanya ya’ karena jaraknya kejauhan.

Akhirnya dokter YENNI, melakukan USG .
“bagus kok pak rahimnya, gak ada masalah apapun. Saya gak kasih obat subur ya. Ibunya udah subur kok. Sabar aja ya. Ibunya jangan banyak pikiran, jangan stress, jangan kecapean. Ini saya kasih vitamin aja ya”


“bapak sama ibunya berhubungan di hari ke 13 14 15 setelah mens ya. Dicatet tanggalnya, nanti kalau setelah berhubungan belum isi juga, kesini lagi ya.

Untuk biaya konsultasi dokter Rp 125.000, biaya administrasi rawat jalan pasien Rp 10.000. Gue bilang sih, biaya segitu masih terbilang murah gak mahal-mahal amat dibandingin dokter kandungan 'lainnya' iya gak sih??? DAN biaya segitu sudah termasuk periksa USG lho! Sudah include cuyy! Harga obatnya sendiri 'INTERXANTHIN Tab' Rp 134.950. 


Menurut pengalaman gue yang baru sekali dateng konsultasi ke dokter Yenni, dokternya cukup ramah (apa mungkin karena doi ibu-ibu?) wkwk. Untuk penjelasan kayanya, menurut gue yang awam sama dunia kehamilan, doi kurang banyak menyampaikan informasi yang belum gue ketahui. Setiap gue nanya, jawabannya cukup singkat. Gak pelit informasi sih, tapi sedikit bicara? Aah ga juga sih, tapi menurut gue pribadi doi kaya terkesan buru - buru, padahal menurut gue pasien dia diluar ruangan gak banyak banyak amat, bisa dihitung jari. Seharusnya doi bisa ngasih gue penjelasan bla bla bla secara gamblang. Ahh tapi mungkin itu perasaan gue aja sih, jangan dengerin si astrid. untuk alat USG nya menurut kesotoyan gua, kurang greget 'lho, opo meneh sih stridd'.

Bulan Februari, Maret, April, Mei gue masih juga mens dan puncaknya pada bulan Juni gue masih juga mens. Setiap malam gue nangis dan telpon-telponan sama si mamas yang masih LDR. Kenapa kita belum juga dikasih si kecil. Gue bener-bener frustasi saat itu. Dimana temen gue yang baru nikah bulan januari (2 minggu kosong) dan saat itu juga Allah kasih kepercayaan dan mereka dianugrahi si kecil. Gue bener-bener ngiri. Belum lagi, senior gue dikantor istrinya lagi hamil anak ke tiganya.

Perasaan gue berkecamuk, segala doa yang gue panjatkan setiap tahajud kenapa Allah belum denger juga? Kenapa serangkaian promil yang gue lakuin belum juga berhasil? Sampai bude yang umroh bawain kurma muda dan powder dates lollen serbuk sari kurma penyubur kandungan. Semua keluarga gue juga banyak nyaranin, cobain ini deh, cobain itu deh. Karena saking antusisasnya mereka ke gue :”) pengen cepet-cepet gue isi.

Dan akhirnya, setelah gue googling gue menemukan dokter spesialis kandungan yang bener-bener rekomendeeed pake banget dari berbagai sumber dan banyak yang sudah berhasil. Gue beralih dan memutuskan untuk ke dokter ANTHONY ATMADJA di RS MITRA KELUARGA BEKASI BARAT pada bulan Juni.

“masalahnya apanih, kenapa” Tanya si dokter dengan ramah, hangat dan bener-bener asik penjelasannya. Curhatlah gue. Udah bulan ke enam kok saya belum isi juga ya dok. Saya juga LDR dok sama suami saya. Dan bla bla bla bla..

“telurnya bagus, nih ada banyak. Ada miom nya tapi gak bahaya kok. Ini karena LDR aja. Sabar ya, coba pada masa subur di hari ke 13 14 15 tiga hari berturut-turut berhubungan. Saya gak kasih vitamin, udah subur. Minum asam folat aja. Kalau bulan ke tiga masih belum isi juga, nanti kita periksa ibunya HSG dan bapaknya juga ya periksa spermanya”

Perasaan gue campur aduk. Mana mau lebaran. Pasti banyak yang tanya nih nanti keluarga sama tetangga “udah isi apa belum” ahh massss.. rasanya pengen kabur aja deh pas lebaran kalau ada yang tanya :”) Gue juga tau gimana perasaan nyokap dan mertua gue, mereka sangat menantikan seorang cucu :”) duhhh stress banget :”)

Okey, dokter gue kali ini bener-bener detail ngejelasin mulai dari hulu sampai hilir *eyaa Sedetail itu penjelasan beliau beserta gambar yang dia jelasin dengan kata-kata yang mudah dipahami untuk kami yang awam soal kedokteran dan kehamilan. Ketika mamas minta obat penyubur beliau juga gak mau resepin. Menurut dia KITA berdua sudah cukup subur, gak perlu obat-obat penyubur, tinggal tunggu waktu 'berhubungan yang tepat' aja. Beliau sih senang-senang aja resepin obat, tapi kalau gak ngaruh dan emang ga ada masalah buat apa?

Gue juga rada kaget dan takut, waktu beliau bilang gue ada miom. Tapi dokter Anthony ngejelasin kalau setiap wanita itu punya miom dan miom gue ini sama sekali ga bahaya, jadi gak perlu itu operasi-operasi. DAN beliau bilang "saya dokter disuruh operasi ya seneng-seneng aja dapet duit. Tapi buat apa operasi kalau emang ga bahaya, ga munafik dokter pengen duit. Tapi saya bukan yang seperti itu" *cesssss seketika gue langsung jatuh hati sama ini dokter dengan segala penjelasannya dan tanggung jawabnya kepada pasien. Betewee, dokter Anthony juga punya nomor WA yang kapanpun pasien butuh informasi, dia standby lho. GAK SALAH PILIH  dokter 😍

Biaya konsultasi dokter Rp 245.000 (gue di periksa USG transvaginal kayanya udah include sama biaya ini deh) Tapi, kalau periksa USG perut Rp 230.000. Gue gak diresepin obat, cuma disuruh beli asam folat diluar (biar murah kata dokter) *bhaiklah dok

Akhirnya, setelah gue periksa dari dokter ANTHONY malam nya gue bangun sholat tahajud dan bener-bener berdoa di detik-detik menjelang lebaran.

“YA ALLAH, AKU IKHLAS. AKU PASRAH.” Bener-bener pasrah gimana kedepannya :”) mamas yang harus DINAS di Makassar gak tega liat gue kaya gini, kitapun berniat untuk pindah ke Makassar agar promil berjalan lancar dan intens :”)

BULAN JULI
Badan gue udah hampir seminggu panas dingin gak karuan, gue gak bisa makan, gak bisa minum dan gue merasakan gejala maag datang mendera. “ahh mau mens kali ya, badan gue gak enak semua” kala itu pikiran gue gak macem-macem.

Seperti biasa gue minum TONIKUM BUYER dan CDR buat vitamin, tapi anehnya, tiba-tiba gue muntah. Tanggal mens tinggal sehari lagi, iya nih. gejala mens pikir gue.

Gue gak mau GEER, kalau gue hamil. Tapi rasa penasaran gue begitu mendalam. Gue liat dari gejalanya beberapa ada yang mirip sih. TAPI KOK GUE GAK MERASAKAN FLEK yang beberapa saat itu. Ahh gue gak hamil kali, lagi lagi gue gak mau GEER.

Sampai pada akhirnya, gue telat mens 6 hari, badan gue udah kaya types, lemes bener. Pagi harinya gue penasaran, gue coba testpack. Alhamdulillah. Garis dua. Gue sujud syukur. Gue nangis. Speechless, bener-bener bahagia. Akhirnya diperut gue ada si kecil.




Satu nasehat yang gue inget dari si AMMY. “Strid, sabar. Nanti kalau Allah bilang, 'lo isi sekarang strid. Tanggal ini, jam segini, lo juga bakal isi kok.' Sabar aja. Semua udah Allah atur sedemikian rupa. Jadi jangan pernah putus asa buat berdoa dan berusaha” gue nangis sejadi-jadinya, Allah kabulkan doa gue menjelang lebaran. Bener-bener dahsyat!!

Gue bukan pakar atau ahlinya sih, tapi gue mau berbagi pengalaman gue aja buat para pengantin baru yang belum kunjung punya si kecil. I know. Gue merasakan itu sayang. Semua sudah ALLAH atur, bismillah aja.

1. Jangan lupa berdoa kepada Sang Pencipta!
BUAT yang beragama Islam, coba sholat duha dan tahajud bareng pasangan. Pasangan suami istri usahakan puasa Senin - Kamis. Buat gue pribadi, ketika sujud dan berdoa memohon kepada Allah tentang apa yang kita inginkan 'terutama minta keturunan' itu rasanya khusuk banget, sampe tiba-tiba bisa nangis sendiri. Curhat sebanyak-banyaknya sama Sang Pencipta, Minta apa yang lo inginkan. Bisa jadi, ini salah satu cara Allah membuat kita agar lebih dekat dengan nya ^^

2. Jangan banyak pikiran dan jangan stress
Jangan dengerin apakata orang tentang "UDAH ISI BELOM?", "KAPAN ISI", "NUNDA DULU YA" preeett abaikan!! DAN BUAT BUK-IBU YANG LAGI HAMIL, Tolong jaga perasaan buat yang belum hamil, plisss jangan tanya "UDAH ISI BELOM" Pertanyaan itu sesungguhnya amat menyakitkan terlebih buat buk-ibuk yang belum hamil. Melihat kalian dengan perut melendung itu terkadang membuat kami sedih.

3. Gue penggila kopi, tapi selama promil gue bener-bener stop kopi.
Menurut artikel yang gue baca, caffein pada kopi gak baik buat kesuburan. Jadi jaga-jaga aja. Stop buat minum kopi kalau lo mau PROMIL.

4. TURUNIN BERAT BADAN
Kalau lo punya kelebihan berat badan kaya gue, gue saranin untuk olahraga. Karena dokter ANTHONY juga nyaranin gue untuk olahraga. Gak perlu olahraga berat atau olahraga ekstriiim, cukup jalan santai, lari kecil, renang, dsb. Jangan terlalu menguras banyak tenaga juga yes ^^

5. Makan-makanan yang sehat, jangan junkfood
Kalau bisa makan sayuran hijau yang sehat-sehat, buah, jangan makanan cepatsaji cuy. Gak baik untuk kesuburan.

6. Minum air putih yang banyak . Walaupun keliatannya sepeleeeh pake banget. TAPI, Terus terang ya gaeess, minum air putih itu banyak banget manfaatnya, apalagi yang mencoba buat PROMIL. Disaranin banget deh, minum yang banyak untuk mengeluarkan racun-racun didalam tubuh, gak cuma mengeluarkan racun didalam tubuh, mengkonsumsi air putih juga berfungsi menghindari dehidrasi. *eyaa

7. Rajin konsultasi sama dokter
Kalau lo gak bisa dateng kedokter, sekarang jaman udah canggih. Kalau lo ada keluhan lo bisa coba chat aplikasi ALODOKTER, HALODOC dan semacamnya.

8. Pastikan lo punya pasangan buat lawan main a.k.a suami lu (yaeyalahhhh) haha

9. Pastikan berhubungan di hari ke 13 14 15 selama 3 hari berturut-turut. Karena kita gak tau kapan si sperma masuk kedalam telur. Ibarat matematika, itu kaya rumus peluang. Lo ga tau kapan menang dan kapan kalah. Coba aja sebanyak mungkin. Semakin banyak, semakin besar peluang nya.

10. JANGAN LUPA MINUM ASAM FOLAT! Dan vitamin yang menunjang lainnya :) Cobain juga sari kacang hijau dan susu kedelai ya gaeesss! 

Selamat mencoba ya say ! Ku doakan kalian cepat menyusul. Aamiin 🙂