3/22/2016

Bahaya Diet Ekstrim dan Anorexia

HALLO Gaes!!! Kali ini gue mau ngebahas tentang Anorexia. Kok tumben sih strid? iya ngebahas Anorexia sekalian curhat sih sebenernya muahaha, ada yang punya tips gak sih buat ngurangin berat badan? karena gue gemes banget sama temen-temen gue yang kadang suka ngatain badan gue lebar, gendut, gembrot, gemuk, berisi, semok. Euuuuuuuhhh, mereka gak tau aja gimana perjuangan gue buat nurunin berat badan itu susah nya setengah moooooduuuuaaaarrr!!

Waktu gue masih imut dan balita pada jamannya, badan gue ini tergolong kecil dan ringkih lho! *udah percaya aja* Sampai pada akhirnya si ibu punya inistiatif dan jadi doyan stopin bude jamu setiap hari. Ibu dengan tatapan nanar dan muka penuh harap, berfikir semoga anak nya yang berbadan ringkih berubah jadi padat berisi dan sintal~

Mereka mencoba mencekoki gue setiap pagi dengan ramuan  jamu "penambah nafsu makan", "obat gemuk", "temulawak", dan gak ketinggalan "jamu buyung upik", sambil di pegangin tangan gue dan dimonyongin bibir gue, ditambah tangisan jerit histeris gue kadang mewarnai kala pagi itu. Agak dramatis sih memang dan alhasil menginjak SMP - SMA - Kuliah dan bahkan sampai sekarang, badan gue jadi tumbuh subur~, makmur~, padat sintal dengan tingkat yang over over gak ketulungan!

Kalau tau akhirnya gue jadi begini, gue gak akan pernah mau monyongin bibir gue waktu di paksa sama ibu dan bude jamu!! huuu, zeebeeel!!

Semenjak tubuh gue mulai tumbuh subur, gue jadi sering minder kalau ketemu orang. Gue ngalamin yang namanya krisis kepercayaan karena memiliki tubuh yang agak lebar itu. Gue juga pernah ngalamin yang namanya muntahin makanan dengan ngorek-ngorek tenggorokan berharap apa yang gue makan gak masuk kedalem perut, semacam Bulemia. Sampai suatu ketika ibu ngeliat apa yang gue lakuin, mergokin gue dan marahin gue sejadi-jadinya, semenjak itu gue gak berani lagi buat buang-buang makanan yang sudah gue makan, karena kata ibu itu artinya mubazir! Dan masih banyak diluar sana yang membutuhkan makanan. cuss~

(sumber foto from google)

Katanya SMA adalah masa-masa indah bagi setiap orang. EMHHHHH, indah gak yah? Pokoknya jaman-jaman SMA adalah masa-masa puber yang mana gue naksir orang dan gue berusaha buat diet mati-matian. pftttt. Norak dan lebay sih! Bangat strid! Gue minder banget setiap liat gebetan gue, tapi badan gue masih melar gini ada perasaan takut gak diterima sebagai cewek seutuhnya *preet, iyuh jijay strid!!* dan bersaing sama cewek-cewek lain buat dapetin dia *kalau inget dulu, sumpah geli banget sama apa yang pernah gue lakuin, kaya gak ada laki lain aja ahha, abaikan ~ *

( sebagian obat diet udah gue hempas!! cuma segini yang masih nyisa ._. )

Sampai akhirnya gue nyoba buat minum HERBAL**E, selama seminggu gue bawa teh nya sebanyak 1Liter setiap hari ke sekolah. Mirip tukang isi bensin eceran berjalan sih, tapi ya namanya juga pengorbanan anak abegeh! Turun lho! Turun 7Kg dalam seminggu, seneng nya bukan main dan mulai disitu gue jadi pede buat deketin gebetan gue. Tapi, lama-lama gue gerah dan gak nyoba nerusin lagi itu HERBAL**E, Berat gue? kembali seperti semula dong!! hikkssss ... .

Dilema banget deh emang kalau cewek ditanyain berat badan, zebel!! kezeel! bete!! udah pernah coba minum apa aja strid buat turunin berat badan? BANYAK!!

Gue pernah cobain jaman SMP yang namanya MERI*, Bentuknya kaya pil warna hitam, berbau dan Pait!! turun? engga!!! moncor?? iya!! langsing? kagak!! Coba bayangin anak SMP minum obat pelangsing kacau gak tuh! Gue beli tanpa sepengetahuan ibu saat itu.

Terus? gue pernah cobain Thermol** Pl**, gimana strid hasilnya? buang air kecil lancar jaya, turun berat badan iya, tapi setelah pemakaian berhenti berat kembali seperti semula dong~ kesian deh lo strid!

Teh Hijau Cap Kepala Djengg** abis itu Sli*ming tea juga gak luput dari percobaan gue, tapi untuk yang ini gue rada nyerah pait nya itu dan baunya yang bikin gue untuk beralih ke obat yang lain *payah lu strid* *bodoamat* Efek dari minum teh ini, pipis, PASTI! Turun, iya. Asal kuat!!

Lanjuutt? selain teh-teh diatas Gue juga pernah cobain Teh Jati Belanda, Rasanya pait iya lah! buang air kecil iya, moncor iya, turun iya, types iya!! saking kebanyakan kehilangan cairan. Gak kuat akika!

Habis itu gue pernah cobain Acai Berry yang gue beli dari mantannya sepupu gue, awalnya emang bikin kita jadi gak napsu makan. Seneng dong hati berbie, eh tapi kok jantung gue jadi berasa deg-degan yes, gue juga mual. Lama-lama gue tau kalau itu termasuk dalam obat-obatan berbahaya.

Gak cuma itu aja, gue juga pernah cobain yang 7 Days Slim awal nya gue seneng bangets, berat gue turun dan gue ngasih testi ke onlineshop yang jual, kalo gue turun berat badannya. Sampai akhirnya gue sadar dan nemuin artikel kalau 7  Days Slim termasuk obat berbahaya juga. Kacau perut gue isinya obat berbahaya mele untung gue gak lewat~

Ekstrem banget emang lu strid!!! Euuuuh!! Obat selanjutnya yang gue juga pernah cobain adalah XENICA* (Orlistat 120mg) yang di kasih tau sama kokoh-kokoh di apotik dan emang bener sih obat yang satu ini ampuh banget buat ngelunturin lemak. Fuufufufu, tapi gak ngaruh ke berat badan gue masa, ilang sih-ilang. Tapi gak banyak berarti di badan akika!! lanjuttss~

Udah strid? belom!!! Miris ya, anak komunikasi belajar periklanan tapi gampang juga ketipu sama iklan onlineshop! miiihiiiik~ gue paling gak kuat kalau liat iklan penurun berat badan, jujur aja! paling gak kuat!! Dan gue coba dengan GREE* TEA ESSENC* SLIMMIN* HERBA*, liat banyak artis ngasih testi akhirnya gue pun tergoda dan mencobanya. Tapi sampai itu kapsul dan serbuk chlorophyll nya habis gak ada efek apa-apa sama sekali lho ke badan gue, apa badan gue mulai kebal sama obat-obatan kaya begini? ahh embuuh lah~ gue sih belom kapok haha, *jangan dicontoh!!! gak baik ditiru*

Eeeh gue juga pernah dibodohin sama Ibu Kosan gue, entah ini dibodohin atau emang gue nya yang gampang tertarik kalo soal pelangsing haha, waktu itu Gue pernah ditawarin kapsul pelangsing katanya obatnya racikan dokter dan berasal dari herbal, karena gue bocah dan dikasih tau kaya gitu sama emak-emak ya gue iya - iya aja dan temen satu kosan gue yang senasip sama gue pun udah nyoba beli, ya gue jadinya ikutan aja. hahaha Eh tapi gue cuma minum 10 kapsul aja (sepuluh kapsul cuman) gak kuat cooyy, gue muntah-muntah gitu *begonya lo strid ga cari tau dulu, dikasih kapsul apa main iya-iya aja* pengalaman nih, jangan ditiru ya gaes! kalau ditawarin yang gak jelas jangan mau! cari tau dulu!!

Kemudian, gue yang lagi nemenin si kembar beli peralatan mandi, tiba-tiba asik liat obat pelangsing di DANDA* ya, gue tertarik dong tapi sampai sekarang itu kapsul masih penuh belom gue abisin, soalnya setiap gue mau minum rasanya gue pengen muntah, namanya STARC* BLOCKE* dari WALLNE**, Gue gak berhasil turun karena ya itu tadi gue nyerah, selain obatnya rada bau gimana gitu gue langsung eneg gitu~ Tapi gak tau sama yang lain, setiap orang punya kondisi badan yang beda-beda lho ya jangan disamain. Ini kan menurut gue doang yes.

Dan gue juga tertarik dengan produk WM* Serbuk jus penurun berat badan rasa Blackcurrant, gimana strid? berhasil gak? engga, sampe minumannya abis gue gak turun. eh turun sih sekilo abis itu gue naik lagi hahaha

Naaah, kali ini gue menjatuhkan pilihan ke GNT, Gue liat iklan nya di tipi bisa ngilangin lemak membandel alhasil gue tertarik dan langsung beli buat paket yang sebulan, tapi belom sampe sebulan dan masih banyak ini isinya, berat gue udah turun 4kg. Katanya ini bahan alami sih, tapi BAB gue ga lancar setiap harinya, alhasil gue stop. Tapi so far gue masih jatuh cinta sama pilihan gue yang ini sih. Dan berat gue masih stabil di turunan 4 kilo itu.

sumber pic: howtostoyno.altervista.org

Gue pernah nyobain diet mayo, turun sehari sekilo tapi pada hari ketiga gue nyerah!!! Gue hempas bhay! Kenapa? Karena gue gak kuat dengan metode makanan seupil gitu. Hasrat makan gue kayanya gak bisa terbendung dengan metode kaya gitu. Tapi saran gue, buat kalian yang kuat-kuat aja dengan metode kaya gitu ya monggo ya gaes, hawa nafsu orang kan beda-beda hahaha, iye gue ngaku, gue kalap kaya kuli :")


Gue juga pernah nyobain metode diet ala-ala militer yang dikasih tau sama "seseorang", sebut aja *tiiiiiiiiiiiit*, jadi gue disuruh diet cuma tiga hari dengan menu makan, yang menurut gue super duper nyiksa!!! Gak boleh pake garem, gak pake gula! What depak!!! Apa yang dirasa! Gue nyerah!! Cuma tahan sehari!!! Untuk menu nya 

Ibu yang ngerasa sedih liat anaknya, nyaranin gue buat Diet Pisang. Gue ngehargain niat baik ibu :') tapi bu, anakmu ini mana tahaaaaann. Ceritanya kata Ibu, dulu waktu dia ngejalanain diet ini, Ibu bisa turun 7kg pada jaman dia masih muda, bedanya anaknya kaya kuli >.< Jadi metode diet nya no nasi, no cemilan, no minuman berwarna, hanya makan pisang rebus tok! Pisang kepok buat sarapan pagi tiga buah, makan siang 3 buah, malam puasa. eduuuan :') dan gue nyatakan diet ini gagal, gue gak sanggup dengan perut gue yang terus demo meminta keadilan yang seadil-adilnya ;p

Gue pernah liat di youtube, jadi ada salah satu cewek yang nyaranin metode diet yang menurut gue nyiksa haha -__- entah mental babon gue atau emang gue yang gak cocok sama metode dia. Jadi setiap pagi harus minum perasan atau irisan jeruk lemon + madu dengan air hangat (gue maag, serius buat yang punya penyakit maag jangan dilakukan secara terus menerus. Lakukan lah beberapa kali saja, jangan sesering mungkin, maag kronis gak cocok dengan metode ini *ini pendapat gue aja ya* skip) terus, kalian hanya boleh sarapan dengan OATMEAL / Energen (Maayyygaat! Sejujurnya oatmeal adalah makanan sehat dan baik buat jantung. Gue nyetok oatmeal dengan beberapa rasa yang gue pikir gue bisa makannya! Ada rasa pisang, blueberry, strawberry, tapi apa daya. Perut gue gak kawanan sama oatmeal. Dan gue memutuskan untuk hempas cantik) siangnya lo hanya di perbolehkan makan sayur/buah/makanan berserat *no gorengan* (Jujur yang ini gue setuju, serat memang baik untuk tubuh. Tapi no nasi itu  nyiksa men! Gue gak bertenaga, lemes tcoy!) Malamnya, lo puasa dan sebelum malam lo hanya boleh minum teh hijau (gue pernah baca kalau teh hijau gak baik buat penderita maag kaya gue, getahnya naujubilah) Gue nyatakan diet ini gagal. Gue gak kuat dengan metode kaya gini. 

KAPOK GAK STRID? Kapok lah, eh kapok gak ya? hahaha, terus diet ekstrim lo kaya gimana strid? gue pernah gak makan nasi, gak makan manis, gak makan gorengan, gak makan garem, gak makan gula, bahkan gue gak makan apapun selain minum air putih! turun berapa kilo strid? 4kg dalam seminggu, gue inget waktu itu gue diet buat dateng ke wisuda buncit dan alhasil, gue masuk rumah sakit.



Hampir, setiap SEtahun sekali gue keluar-masuk rumah sakit. Perkaranya sama, kalo gak maag ya types dan itu karena efek diet ektrim!! Gue itu kalau diet suka kejam sama badan gue sendiri. Entah apa yang ada dikepala gue, gue cuma kepingin banget kurus. Bonyok kalau udah begini cuma geleng-geleng dan bilang "Sakit kamu sendiri yang buat! Ibu gak mau nginep! kamu sama suster aja!!" haha *ketawa kaya kaga ada otaknya lu strid* 

Ya gimana dong, gue rasa yang punya nasib kaya gue bakalan ngelakuin hal yang sama, sama apa yang gue lakuin! Bonyok udah kenyang kalau soal beginian dan gue udah cukup mandiri serta gak pernah ditemenin lagi~ Buncit juga kayanya udah bosen nasehatin gue buat "jangan diet nyong, jangan diet nyong" sampe dia sudah di tahap 'oh masuk RS lagi' udah ketiga kali nya ya nyongs! Dan gue rasa Dokter Sugiarto juga bosen sama gue, dia lagi-dia lagi-dia lagi!

Contoh lainnya gue pernah selama sebulan sering banget tiba-tiba ngerasa keram, pas ke dokter, dia bilang gue kebanyakan lemak dan gue diajarin buat ngilangin rasa nafsu makan. lucu sih triknya gue disuruh ketuk-ketuk di titik titik tertentu sambil bilang "saya mau sehat, saya mau sehat, saya mau  kurus, jangan makan banyak" dan? itu gak gue lakuin! Kelar strid~

Gue cuma mau bilang, jangan pernah ikutin cara gue. Jangan pernah ngelakuin diet ektrim! Jangan pernah ngerasa jelek sama yang namanya semok atau gendut apa lebar! Kita ini cantik mau kaya apa pun juga. Syukurin aja sama apa yang lo punya sekarang. Sekarang gue kapok buat diet-diet kaya gitu. Toh, pasangan gue juga gak pernah nuntut gue buat kurus. Jadi saran gue, sekeras apapun diet lo kalau cara lo gak bener dan DIET lo itu nyiksa diri lo sendiri, itu gak akan baik kedepannya. DAN ITU GAK AKAN PERNAH BISA BIKIN LO KURUS! Sayangin diri lo mulai sekarang!! Sebelum semuanya terlambat Dan lo nyesel kedepannya yihaaa~ JANGAN LUPA BERSYUKUR. Kesalahan terbesar dalam hidup gue adalah gue kurang bersyukur sama apa yang gue punya :") jangan ditiru ya gaes, kan udah tobat sekarang *sungkem* :3



sumber foto from google

Gue sih suka ya sama mereka berdua, mereka tetep pede dan pada akhirnya mau kaya gimanapun mereka tetep cantik. Coba dengerin lagunya Meghan Trainor yang All about that bass

Okey, balik lagi yuks ke topik nya. Hemm, Menurut pengamatan gue, kasus anorexia ini agak jarang ya di Indonesia. Tapi kalau di luar negeri kayanya lumayan banyak *sotoynya keluar la la la~* 

Beteweeh, kalian tau gak sih Anorexia itu apa artinya? Anorexia berasal dari bahasa Yunani yang artinya "TANPA HASRAT" dan Anorexia sendiri adalah suatu kelainan psikis yang diderita oleh seseorang berupa "kekurangan nafsu makan" meskipun sebenarnya mereka merasa lapar dan berselera terhadap suatu makanan. DENGAN KATA LAIN nyiksa diri..

sumber foto from google

Sedangkan Nervosa adalah sesuatu yang berhubungan dengan "suatu kecemasan" Jadi Anorexia Nervosa adalah Suatu kelainan psikis, emosional, atau penyakit mental yang menyebabkan seseorang kehilangan nasfu makan dengan tingkat kecemasan yang berlebihan sehingga si penderita akan kehilangan hasrat meskipun mereka merasa lapar dan berselera terhadap suatu makanan.

Karena Tingkat kecemasan yang tinggi itu, si penderita Anorexia Nervosa akan merasa bahwa diri mereka "gendut" padahal tubuh mereka sudah sangat-sangat kurus. Biasanya penderita Anorexia Nervosa terjadi pada saat mereka tumbuh di usia remaja dari umur 10 tahun  hingga mencapai dewasa.

Apa penyebab seseorang menderita Anorexia Nervosa? Biasanya si penderita menganggap bahwa dirinya tidak menarik lagi karena mereka memiliki tubuh dengan ukuran besar. Karena pikiran mereka mengenai hal itu mereka akan berusaha mati-matian untuk mendapatkan tubuh yang kurus. Tidak hanya itu Ada beberapa faktor yang mempengaruhi:

sumber foto from google

Faktor Biologis : Faktor Genetik beserta hormon memiliki pengaruh terhadap perkembangan perilaku si penderita Anorexia Nervosa, hal itu dikarena kan kadar serotonin (sejenis zat kimia yang di produksi di otak)

 sumber foto from google
Faktor Lingkungan : Biasanya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang mengagung-agungkan bahwa "cantik=kurus" sehingga terbentuk pola makan yang menyimpang dan menghilangkan harsat untuk makan meskipun si penderita sangat kelaparan. Tidak hanya itu, Idola atau artis di televisi juga mempengaruhi si Penderita Anorexia Nervosa, sehingga terbentuk pola pikir yang menyimpang.

NINA (sumber foto from google)

Faktor Psikologis : Biasanya pola pikir ini terbentuk karena obsesif - kompulsif bawaan. Yang membuat si penderita lebih mudah untuk tetap melakukan diet ketat dan tidak makan ketika merasa lapar. Atau alasan lainnya mungkin si penderita Anorexia Nervosa memiliki sifat perfeksionis yang tinggi, mereka akan berpikir bahwa mereka harus kurus sesuai dengan apa yang mereka pikirkan atau mereka inginkan agar sesuai ekspetasi mereka.

Lebih sedih lagi karena anorexia ini semakin menghancurkan hidupnya. Ia menjadi lebih kesepian dan dijauhi orang karena penampilannya yang mengerikan.

Faktor  Sosio-kultural : Hal ini biasanya terjadi di Luar Negeri, kalau di Indonesia kayanya jarang banget ya. Contoh nya aja di luar negeri mereka yang ingin menjadi model harus memiliki tubuh yang kurus. Kalau ada model yang bertubuh berisi atau semok atau montok mereka akan dianggap gak layak sebagai model. Atau mereka sekelompok orang yang bertubuh kurus tidak akan bermain dengan seseorang yang memiliki tubuh gemuk hal ini yang mendasari seseorang atau si penderita Anorexia Nervosa begitu cemas dan ingin menjadi kurus agar mereka masuk dalam kelompok tersebut. Bersyukurlah disini gue gak kaya gitu, temen gue lebar semua kaya gue hahaha.

Gejala fisik Anorexia Nervosa :
  • Hilang berat badan secara ekstrim
  • Terlihat kurus
  • Kadar darah yang tidak normal
  • Kelelahan
  • Tidak bisa tidur
  • Pusing atau pingsan
  • Perubahan warna kebiruan di jari
  • Kuku rapuh
  • Rambut yang tipis, patah atau rontok
  • Terlambat menstruasi
  • Kulit kering
  • Tidak tahan terhadap dingin
  • Ritme jantung yang tidak beraturan
  • Tekanan darah rendah
  • Dehidrasi
  • Osteoporosis
  • Bengkak pada lengan atau kaki

Gejala emosi dan kebiasaan Anorexia Nervosa:
  • Menolak untuk makan
  • Menyangkal rasa lapar
  • Berolahraga secara berlebihan
  • Suasana hati yang datar, atau lemah emosi
  • Menarik diri dari lingkungan sosial
  • Mudah marah
  • Berkurangnya ketertarikan terhadap aktifitas seksual
  • Depresi
  • Kemungkinan penggunaan produk herbal atau obat diet

Cara Mencegah Anorexia Nervosa adalah yang pertama, jangan sungkan untuk berdiskusi oleh orang terdekat kalau orang terdekat kamu merasa acuh coba diskusikan sama dokter ahli. Karena tingkat kematian dari si penderita Anorexia Nervosa ini diperkirakan 5% sampai 10% dalam 10 tahun. Dan Kematian tersebut biasanya disebabkan oleh bunuh diri atau komplikasi medis yang berhubungan dengan penurunan berat badan yang drastis. Dan biasanya si penderita ini berasal dari kalangan ekonomi menengah dan kelas atas.
Sarah Ramadan (sumber foto from google)

Selain itu, COBA ATUR pola makan! Kalau memang mau mengurangi berat badan tentunya pola makan yang sehat jangan sampai gak makan, karena tubuh itu perlu gizi, energi, protein, kalori, dan lain-lain. Cari tau gimana cara mengatur POLA MAKAN yang baik dan benar seperti apa. Perbanyak pengetahuan tentang apa yang akan kamu lakukan ini sebanyak-banyaknnya lewat buku ataupun internet.

Sarah Ramadan (Mantan penderita Anorexia Nervosa)

Dan yang terakhir, Alasan terkuat buat nyembuhin itu semua serta cara mencegahnya adalah "tergantung diri kalian dan apa niat kalian gaes!" Kalau kalian ingin bahagia mau punya anak banyak, melihat cucu-cucu yang sehat dan diberi umur yang panjang coba pikirkan sekali lagi apa dampaknya kalau kalian melakukan hal ini. Coba BERSYUKUR dengan apa yang kalian miliki, itu aja sih kuncinya :) Kalau kita udah bersyukur, apapun bentuk badan kita, apapun kondisi kita dinikmatin aja.

Semoga bermanfaat ya gaes, jangan lupa sharing tips ngurangin berat badannya versi kalian disini ya :Bteweeeh gue lagi nyoba OCD nihhhh!! Nanti gue ulas yaaa ;) babay!!