6/16/2016

Bleaching Rambut di Rumah!

Sebelumnya gue udah pernah bilang kalau gue pernah gagal ngebleaching rambut dan buat kalian yang penasaran kok bisa 'bolot' banget lo strid sampe gagal haha emang pea si astrid, padahal gue udah bolak-balik ngecek youtube lho, udah hatam artikel juga emang dasarnya aja ga bakat kali ya hahaha *ceritanyacaripembelaan* yowes gue mau kasih tau apa aja yang gue pakai buat ngewarnain rambut gue yang gagal itu.

Beteweii, gue disini gak bisa kasih liat hasil gagal nya, gue comot di google ya yang mirip-mirip, kalian ga pengen banget liat rambut gue yang gagal dan jadi 11-12 sama singa emas itu kan. Oke lanjutss


Bahan yang gue pakai adalah DANCOLY Super Blonde berbentuk powder ukuran 20 gram, yang gue beli cuma Rp 9.000 di TOKOPEDIA dan gue meramunya dengan Y2000 Hair Color Developer ukuran 100 ml dengan harga kisaran Rp 15.000.


Jadi, kata Sellernya cara meramunya dengan perbandingan 2 : 1, kalau kita pakai powder 20 gram, nah cairan developer 40 ml.

Dan, Y2000 Hair Color Developer ini ada macam-macam jenisnya. Semakin tinggi kadar persennya, maka semakin terang warnanya. Developer buatan China ini udah punya no BPOM nya dan terdaftar lho gaes. Disini gue pakai yang 12% biar warnanya lebih terang :)

- 3% warna gelap
- 6% warna lebih gelap, biasanya digunakan untuk menutup uban
- 9% standar warna menengah
- 12% untuk warna lebih terang

NO BPOM : NA11151000213
Komposisi:
Aqua, Hydrogen Peroxide, Cetyl Alcohol, Laurent-20, Tetrasodium EDTA, Parfum, Phosoporic Acid, Phenacetin.

AQUA,  biasanya tertulis paling depan Aqua yang berarti air, produk-produk cair seperti shampoo, body foam, facial cleanser, body lotion dll itu pasti mengandung air.

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah cairan bening, agak lebih kental dari pada air, yang merupakan oksidator kuat. Sebagai bahan kimia anorganik dalam bidang industri, Dengan ciri khasnya yang berbau khas keasaman dan mudah larut dalam air. Salah satu keunggulan Hidrogen Peroksida dibandingkan dengan oksidator yang lain adalah sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Kekuatan oksidatornya pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Hidrogen Peroksida - Sebagai Bahan pemutih
Hidrogen Peroksida adalah bahan pemutih yang paling tepat dan efisien untuk tekstil. Hidrogen peroksida dijual bebas, dengan berbagai merek dagang dalam konsentrasi rendah (3-5%) sebagai pembersih luka atau sebagai pemutih gigi (pada konsentrasi terukur). Dalam konsentrasi agak tinggi (misalnya merek dagang Glyroxyl®) dijual sebagai pemutih pakaian dan disinfektan. Penggunaan hidrogen peroksida dalam kosmetika dan makanan tidak dibenarkan karena zat ini mudah bereaksi (oksidan kuat) dan korosif.

Cetyl alcohol adalah alcohol yang terdiri dari molekul berantai panjang. Bahan ini juga tidak beracun. Bentuknya serpihan putih, pembuatannya dengan cara pemanasan minyak kelapa bersama caustik soda, sama seperti pembuatan sabun. Cetyl Alcohol banyak digunakan dalam produk kosmetik khususnya produk lotion, cream dan kondisioner. Cetyl Alcohol berfungsi untuk menghaluskan kulit dan rambut dan dalam produk cream berfungsi juga sebagai pengental (Thickening Agent) dan pengemulsi. Cetyl Alcohol telah dinilai, di evaluasi dan di uji oleh Cosmetic Ingredient Review (CIR) Expert Panel, sebagai bahan yang aman untuk kandungan dalam kosmetik.

Tetrasodium EDTA, Ini adalah bahan pengawet sintetis yang terbuat dari formaldehida, karsinogen yang diketahui, dan sodium sianida. Digunakan untuk menyerap dan mengurangi reaktivitas ion logam yang mungkin ada dalam suatu produk. Ini bisa menyebabkan iritasi pada mata dan membran mukosa. 

PARFUM adalah extract wewangian untuk memberi keharuman tertentu pada suatu produk. 

Phosphoric Acid adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia H3PO4 . Selain menjadi pereaksi kimia, Phosphoric Acid memiliki berbagai macam kegunaan, termasuk sebagai penghambat karat, aditif makanan, pemutih gigi, bahan baku pupuk, dan komponen produk pembersih rumah.
 
Phenacetin adalah analgesik, bahan ini telah berada di Amerika Serikat dan telah ditarik dari pasar, namun banyak negara lain terus menggunakan. Penelitian menunjukkan: dosis besar phenacetin dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih.

Setiap komposisi sudah gue uraikan, setiap senyawa kimia punya aksi dan reaksinya masing-masing dan setiap bahan memiliki efek yang berbeda-beda pada penggunanya. Gue gak bilang produk ini aman dan gue gak bilang produk ini bahaya. Kalian bisa menilai mana yang baik dan mana yang buruk untuk tubuh kalian.


Nahhh, kalau buat DANCOLY nya gue rada bingung sih, kok di bungkus kemasannya tertulis "DANCOLY Paris", Tapi di produksi China. Jangan-jangan, jangan-jangan, tapi ada No BPOM nya sih. BPOM ga mungkin sembarangan keluarin izin kan?

NO BPOM : NA11131002972

Dan menurut pengalaman gue yang udah pernah pakai produk ini, adonan yang gue buat 'cailah adonan kue kali' gak terasa panas dan gak terasa gatel dikulit alias gak bikin iritasi kulit itu point yang pertama yang gue mau sampaikan.

Kedua, Rambut gue juga gak kaku kaya waktu gue pakai bleaching yang merk nya miranda, malah jadi lebih lembut entah kenapa.

Yang ketiga, adonannya agak berbau menyengat. Mungkin itu dikarena kan mereka terbuat dari bahan kimia kali ya, makanya baunya agak menusuk hidung dan semriwing ga genah.

Dengan harga Rp 9.000+ Rp15.000 lo bisa bleaching rambut dirumah. emhhhh, tapi jangan lupa artikel yang gue bilang kemarin, jangan sering ngebleaching rambut. BAHAYA soalnya.

sumber google

Hasilnya kurang lebih kaya foto diatas, sorry gaes buat kalian yang pengen liat hasil rambut gue, gue gak bisa kasih liat. Soalnya, hahahaha, kalian bakal ngakak liat hasilnya, jadi mending gak usah.

Okey, buat kalian yang mau ngebleaching rambut sendiri dirumah dan gak mau ambil resiko karena bahan-bahan kimia gue punya beberapa artikel yang gue rangkum dan kalian bisa lho ngebleaching rambut dengan bahan-bahan alami, dijamin gak bakal ngerusak rambut bahkan resep yang ini bakal bikin rambut kalian keche dan berkilau bak emas 24 karat cling* so cekidottt gaess

1. Menggunakan Cuka Apel dan Madu
Karena madu sangat lengket, Campur empat bagian madu dan satu bagian air atau atau cuka apel (yang juga berfungsi sebagai kondisioner) dalam mangkuk sampai benar-benar tercampur rata.

 sumber google
Gunakan campuran madu tadi pada rambut kamu. Pasang handuk di atas bahu untuk melindungi pakaian, lalu tuangkan campuran madu di atas kepala kamu dalam jumlah kecil dan gunakan jari kamu untuk memijatnya ke kulit kepala. Lanjutkan pakai madu ke rambut kamu sampai semua rambut benar-benar basah oleh campuran madu.

Tutup rambut dengan plastik dan diamkan. Gunakan topi mandi atau beberapa lembar plastik pembungkus untuk menutupi rambut. Biarkan madu pada rambut selama minimal 2 jam untuk menghasilkan warna yang lebih terang.


sumber google

Cuci madu dari rambut, lalu keramas dan pakai kondisioner seperti biasa. Tepuk-tepuk kering rambut dengan handuk dan biarkan kering oleh udara atau di-blow menggunakan pengering rambut. Rambut kamu sekarang akan memiliki rona warna seperti madu.

2. Dapatkan warna rambut yang lebih cerah dengan kayu manis. Kayu manis sangat baik sebagai pencerah alami. Basahi dan lembapkan rambut. Lalu, buatlah pasta yang terdiri dari kayu manis dan air. Oleskan pada rambut, tiap helai rambut harus tertutup pasta tersebut. Kenakan kudung mandi dan diamkan semalaman.

sumber google

3. Tambahkan garam pada rambut. Garam meja sederhana memiliki efek pada warna rambut. Banyak orang mendapati rambutnya menjadi lebih cerah karena berenang di air asin. Coba tambahkan satu bagian garam dengan lima bagian air. Bilaslah pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.

 sumber google

4. Hancurkan tablet vitamin C dan tambahkan pada sampo. Vitamin C bisa mencerahkan rambut dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ambil 8-9 tablet vitamin C, yang bisa dibeli di toko-toko obat dan hancurkan. Anda bisa melakukannya dengan memasukkan vitamin C ke dalam kantung plastik, lalu giling dengan penggiling adonan. Campurkan dengan sampo. Gunakan sampo seperti biasa selama beberapa minggu selanjutnya dan lihat apakah Anda melihat efeknya.

sumber google

5. Tambahkan rhubarb yang diiris-iris dan air pada rambut. Rhubarb adalah tanaman yang memiliki khasiat yang bisa mencerahkan rambut gelap secara alami. Coba tambahkan 100 gram rhubarb dengan 500 ml air.

sumber google

Rebus rhubarb dan air hingga mendidih lalu biarkan hingga dingin. Saringlah rhubarb dan gunakan airnya untuk membilas rambut. Diamkan selama 10 menit. Lalu, bilaslah rambut dengan air bersih.

sumber google

6. Gunakan air perasan lemon atau jeruk nipis. Air perasan buah jeruk seperti lemon atau jeruk nipis, bisa mencerahkan rambut gelap. Coba gunakan air perasan jeruk jika ingin mencerahkan rambut.



sumber google

kamu bisa menambahkan 62 ml air hangat ke dalam 250 ml air perasan lemon. Masukkan campuran ini ke dalam botol semprot dan semprotkan pelan-pelan ke rambut. Semprotkan kembali setiap setengah jam dan perhatikan apakah kamu melihat perbedaannya setelah beberapa hari. Pastikan untuk melembapkan rambut secara teratur menggunakan perawatan ini, karena air perasan lemon bisa membuat rambut kering.

7. Rawatlah rambut dengan teh kamomil. Teh kamomil juga bisa mencerahkan rambut. Dinginkan teh kamomil yang diseduh, lalu basahi rambut dengan teh tersebut, biarkan rambut menjadi sebasah mungkin. Kenakan kudung mandi yang pas di kepala selama 30 menit, lalu bilas.


www.ihomeremedy.net
sumber google

8. Gunakan hidrogen peroksida. Jika kamu ingin perubahan warna yang lebih drastis, kamu dapat menambahkan beberapa tutup botol hidrogen peroksida ke dalam campuran. Bahan ini akan bereaksi dengan rambut kamu untuk memutihkannya sampai beberapa tingkat lebih ringan. Jangan gunakan hidrogen peroksida jika rambut kamu berwarna hitam atau coklat sangat gelap, karena itu bisa membuat warna rambut kamu berubah jadi jingga.

sumber google

Hidrogen peroksida adalah zat kimia yang kuat yang bisa mencerahkan rambut. Gunakan dengan hati-hati. Masukkan hidrogen peroksida ke dalam botol semprot dan semprotkan secara merata pada rambut. Jika perlu, gunakan penjepit rambut untuk menahan rambut untuk mencapai bagian-bagian yang sulit dijangkau. Diamkan selama 30 menit dan bilaslah dengan air dingin.

okey, segitu dulu tips nya gaes nanti gue kasih info lagi, tapi perut gue udah metalan gak keroncongan lagi, gue mau maaaaem duyuuu, hihihi bagi yang menjalankan ibadah puasa hayoo semangat!! Buat yang gak puasa ayo kiirimin gue makanan hayooo ;D