4/01/2021

5 Sayuran Penambah Asi

Hay, para pejuang Asi! ‘capek ya? sama . aku juga’ ~ plisss! bacanya pake nada anak-anak tik tok jaman now~ hihihi  Gimana keadaan kalian hari ini? Masih semangat dong ! YUHUHUHU~ 🤗Peluk virtual ya dari daku disini! Siapapun kalian! Kalian wanita hebat! Wanita pejuang! Kita berjuang yuk buat masa depan buah hati kita.

Sempet sedih karna saat kasih Asi untuk juna, keadaan tersebut harus terhenti karena saat usia juna 5 bulan, gue dinyatakan positif hamil oleh dokter. 

Dokter bilang stop kasih asi juna dulu, karena usia kehamilan yang begitu-amat-sangat-mepet! Kandungan gue cukup riskan saat itu kalau, maksain tetap kasih Asi ke juna. Patah hati sejadi jadinya! 😭

Padahal gue baru aja kelar dari mastitis dan operasi abses payudara, lagi seneng-senengnya nyusuin, tapi harus berhenti karena kehamilan gue yang kedua. “MAAFKAN BUNA NAK!”, kalau kamu baca ini suatu hari nanti, maafin ya jun. Semoga kamu ngerti. Terima kasih nak, sudah menjadi abang yang baik buat adek ya jun.

Oke balik lagi ke judul di atas, di kehamilan gue yang kedua. Gue bertekad untuk memberikan Asi eksklusif untuk bima. Alhamdulillah, setahun akan kami lewati! YUK, semangat!! Satu tahun lagi ya dek! Gak perlu ngalor ngidul, wkwkwk, sayuran yang pertama kali gue konsumsi tidak lain dan tidak bukan adalah *jeng-jeng-jeng*,

1.   Sayur Torbangun atau daun bangun-bangun

Bagi sebagian orang, mungkin nama daun torbangun masih asing dan jarang didengar ya. Tapi bagi orang Sumatera, daun ini sudah gak asing lagi, karena sudah secara turun-temurun, tanaman ini dipercaya mampu melancarkan asi.

Gak cuma sebagai pelancar asi saja lho, bagi ibu yang mengkonsumsi daun torbangun, dipercaya mampu menambahkan kualitas dan kuantitas asi serta menambah berat badan pada anak.


Kalau kalian di daerah Makassar dan butuh bantuan, segera hubungi aku. Aku akan senang hati bisa berbagi dengan kalian yang membutuhkan pertolonganku. Cielah, di Makassar satu-satunya yang jual jus torbangun cuma gue. wkwkw, entah harus sedih atau bangga, tapi yang jelas, kalau ada yang butuh penambah asi, bisa kabarin ya. *jualan terselubung* hihi


Selain dibuat jus, kadang kalau lagi rajin, gue juga suka minum teh torbangun, tinggal seduh. Gampaang syekali. Kalau mau makan? Tinggal dibikin kuah santan pakai ikan mairoh, ah mantap!

Yang di daerah bekasi, bisa kabarin gue juga ya! Nanti gue kasih free 1 buat kalian

Torbangun Makassar ; 0815 2451 9249 @torbangun.mksr

Torbangun Bekasi ; 0822 1005 5687 @torbangunbekasi

2.   Daun Katuk

Siapa yang gak kenal daun katuk ? pasti sudah hapal betul lah yah sama sayuran ini. Kalau ditanya sayuran penambah asi sudah pasti yang terlintas sayur katuk tentunya yang terlintas pertama kali. Gak jarang, banyak suplemen penambah asi berbahan dasar dari daun katuk lho.

Kenapa sih, daun katuk disebut asi booster? Karena dalam sayuran katuk, terdapat kandungan laktagogum dan prolactin yang tinggi. Kedua senyawa inilah yang ampuh memicu produksi asi.

3.   Daun Kelor

Pernah dengar gak sih, jaman dulu kalau mau hilangkan guna-guna di kepret daun kelor? Hahaha~ yang tau , kita seangkatan berarti. Gak tau deh anak jaman sekarang pernah denger apa engga. Tapi, dibalik itu. Sebenernya daun kelor menyimpan banyak manfaat lho. Selain dapat menjaga imunitas, daun kelor dipercaya mampu melancarkan dan menambahkan produksi asi.

Moringa yang merupakan nama lain dari daun kelor ini mampu meningkatkan kadar prolactin dalam darah (prolactin, hormone yang berguna memproduksi Asi), jadi siap mencoba sayur kelor hari ini?

4.   Pare

Aduh, tumis pare itu endol banget yak gak sih? Dan ternyata gue baru tau kalau pare itu bisa menambah produksi asi juga. Kandungan asam folat yang baik dan kaya akan fitonutrien dipercaya mampu meningkatkan produksi asi lho.

Selain itu, pare juga mengandung vitamin K, Likopen, Fitokimia Liutein, dan kaya akan antioksidan. So, jangan lupa masukin pare dalam list menu makananmu ya busui.

5.   Sayur Bayam

Popeye the sailor man, tuuuuttt tuuutttt~ yap, ternyata sayuran ini selain menambah stamina, di percaya mampu membahkan produksi asi juga lho busui. Kalau para busui males makan sayur bayam yang gitu-gitu aja, bisa dijadiin smoothies lho! Tinggal tambahkan oatmeal campur madu dan tambahkan bayam, dijamin wuenak!

Bayam yang banyak mengandung zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui guna melancarkan dan menambah produksi asi. So, mau di sayur atau di smoothie nih sayur bayamnya, busui?