11/23/2014

Belum Siap Menikah? Jangan Khawatir!

Umur gue dua puluh dua, belom tua-tua banget lah ya. Umur pacar gue sebut saja buncit, please jangan lo tanya perut dia maju apa engga, karena lo semua pasti tau apa jawabannya, atau lo tanya kakinya napak atau engga, hello masa iya gue pacaran sama dedemit, umurnya juga gak tua-tua amat, tapi dia lebih tua dari gue empat belas bulan. Sekarang-sekarang ini entah dinegara luar, tapi yang jelas di Indonesia tercinta kita sedang heboh dilanda dengan yang namanya “nikah muda”.

Menikah adalah impian semua wanita, gak terkecuali cewek imut dan unyu seperti gue, eeyyaaa~ Entah ini gue doang yang centil apa semua cewek di seluruh dunia waktu kecil 'jugasamakayague' mendambakan sebuah pernikahan dan pangeran datang membawa kuda putih dan melamar kita didepan ayah dan ibu kita. Stop! Sekali lagi itu cuma impian gue, mungkin efek kebanyakan nonton Cinderella, dan kawanannya makannya gue seperti ini.

Gak!! Cita-cita gue nikah muda dan punya anak delapan bukan karena alasan mabok nontonin Cinderella dan sahabat-sahabatnya itu, ini karena alasan emhhhhh entahhh. Gue cuma pengen punya anak delapan dan disaat anak-anak gue menginjak usia dua puluh tahun, gue pengen ngeliat mereka di wisuda dan mereka membangun sebuah rumah tangga, gue masih mau sehat disaat hari-hari itu tiba, gue gak pengen kehilangan satu moment pun, gue gak pengen tua dan gak berguna disaat anak-anak gue ngebutuhin gue. Badan gue rontok disaat cucu-cucu gue pengen lari kesana-kesini main sama gue. Gak gue gak mau itu terjadi.

Cemburu? Iya gue cemburu sama sahabat gue sebut aja “bunga,” kita seumuran tapi dia udah gendong anak dan punya suami yang sayang sama dia. Gak cuma bunga, sahabat gue lainnya sebut aja “mawar”, udah lama banget gak kedengeran kabar dari dia, tiba-tiba ngepath undangan dan whatsapp suruh datang ke acara resepsinya, karena sebenernya dia udah lama nikah dan baru-baru ini mau digelar resepsinya and now mawar lagi hamil.

Gak cuma mereka doang, ada puluhan temen gue lainnya yang “seumuran” tapi udah pada nikah dan ngeshare foto-foto anaknya. Hoooooooooyyyyy!!!! Apa kabar gue? Gue ngiriiiiii. Jangan di contoh ya gaes! iri dan dengki hati adalah sebuah penyakit hati yang gak patut dicontoh dan dibiarkan berlama-lama bersemayam dihati. Sucikah hati bersihkan diri dengan teh boto* so*ro nah lho iklan

Nyocap selalu wanti-wanti gak boleh nikah muda, tunggu dua tiga tahun lagi. Tunggu sampai emosi kamu labil. Tunggu, sampai kamu sudah benar-benar siap finance, tunggu  sampai masakan kamu enak, tunggu sampai kamu menghatamkan al-quran 3 kali, tunggu sampai kamu bisa menghendel semuanya sendiri, tunggu bla.. bla.. blaa.. Ibuuuuuu, ini Cuma ketakutan ibu aja kan yang gak mau jauh dari aku? :”)

“yang, makan diluar yuk. Seharian aku belum makan. Ibu gak masak, ibu sakit”
“yaudah kita mau makan dimana? Kamu yang pilih ya”
“oke, aku udah rapih nih”
“aduuh yang, temen aku dudu lamaran hari ini, bapak aku jadi walinya. Dia sahabat kecil aku”
“okey, kamu kesana aja yang, kita pergi bisa lain waktu kok. seumur hidup sekali lho sahabat kamu lamaran. Im fine, aku makan mie aja di rumah, sana jalan”
“jangan childish deh! Aku otw kerumah”
22 november 2014

Oke, gak perlu diterusin lagi kelanjutannya. Akhirnya kita berdebat. Si buncit bilang gue kekanak-kanakan. Gue akuin, gue kesel. Tapi gue bisa maklum. Lagian si buncit udah paham banget kalo gue marah itu gak bakal lebih dari sejam-dua jam.

Gue kesel sampai ubun-ubun gue gatel dan pengen banget gue copot sebentar rasanya. Gue kesel, karena si buncit maksa buat kerumah gue, padahal gue bilang gue gak kenapa-kenapa, gak masalah sama sekali kalau dia ke si dudu. Gue tau banget, si buncit bakal seenak jidatnya ngegrutu nyalahin gue karena dia gak bisa pergi ke si dudu. Berkali-kali gue bilang “pergi sana ke dudu, jangan buat aku merasa bersalah ke si dudu gara-gara ngerebut kamu dari dia.” Bener aja, makan gue gak tenang, sepanjang jalan si buncit ngegerutu dan bilang

“kamu nanti kalau nikahan pasti gak ada yang datang”
“kamu gak punya temen ya, masa temen aku lamaran aku gak boleh datang”
“kamu gak punya perasaan ya, kasihan si dudu dia sahabat kecil aku, waktu kecil kita sering mandi bareng di gentong air”
“sampai kapan kamu mau childish kaya gini terus?”
“kenapa waktu nikahan temen aku, kamu gak datang? Apa karena dia mantan kamu kamu gak datang? Childish banget! Itu sahabat aku yang, walaupun mantan kamu ”

Kalau udah gini, gue cuma bisa senyum, gue males banget ribut karena ujung-ujung nya gue selalu kalah debat. Buncit selalu menang. Ya, gue benci peperangan dan pertengkaran, apa lagi perdebatan.

Sushi gue gak habis, padahal gue laper banget kaya singa lagi di gurun pasir, lapar-haus, tapi tiba-tiba perut gue kenyang dan penuh karena udah di isi pertanyaan-pertanyaan menjengkel kan dari si buncit. Teh ocha malem itu bener-bener pait, sepait omongan si buncit. Akhirnya gue memutuskan buat segera pulang, pas kaki – kaki mungil gue melangkah kearah parkiran motor, si buncit dari ke jauhan cuma bilang, “aku mau beli baju kaos dulu sebentar”,  gue yang udah kaya anak ayam, cuma bisa ngekor di belakang dia, ngikutin jejak kaki dia melangkah dari arah belakang.

Gak usah lo tanya, lo di gandeng apa engga, gue kasih tau, si buncit bukan orang yang romantis bakal gandeng cewek nya kemanapun pergi, bukan tipe cowok yang suka kasih bunga, bukan tipe cowok yang pandai puisi dan ngegombal, ya begitulah dia. Cuek, kaku, dingin, hahaha tapi ini yang bikin gue jatuh cinta sama si buncit.

Langkah kita terhenti di suatu tempat, distro baju ala-ala abege jaman sekarang. Gue ikut masuk. Tepat sejengkal dibelakang nya gue seperti spy! Haha, dia memilih-milih baju gue cuma liatin sambil geser-geser kaos dengan muka manyum. Sumpah masih kepikiran antara betapa jahatnya gue ke si dudu dan betapa keselnya gue dipojokin si buncit sepanjang jalan.

“ngikutin mulu lu” celetuk si perut buncit yang tadi gak ikutan makan sushi cuma pesen ocha dingin dengan wajah angker. Gue? Gue kesel di celetukin gitu, akhirnya gue mutusin buat keluar dari distro dan duduk-duduk diluar. Perasaan halus bak tepung gue bergejolak, tatapan nanar gue hampir keluar tapi gue tetep sok stay cool, pura-pura liat handphone, padahal gak ada yang ingin gue lakukan di handphone saat itu.

Selang beberapa menit, si perut buncit keluar dari distro sambil memegang handphone ditelinganya. Dan, dengan sok jual mahal gue pura-pura gak ngeliat buncit yang keluar dan menghampiri gue, buncit semakin dekat - semakin dekat dan ..

“kamu ditelponin juga, kenapa diluar? Ayo masuk”
Dengan tatapan polos, masih jual mahal gue sembari manyun dan ketawa licik dalam hati, penuh kemenangan gue bales omongan si buncit.

“katanya gak mau diikutin” Gue menatap buncit sambil sedikit menyunggingkan senyum diujung bibir mirip pemain antagonis di serial cinta fitri waktu ibunya mau jahatin fitri.

“hahaha, siapa yang bilang gak mau di ikutin? Aku cuma bilang kamu ngikutin mulu, udah ayo masuk, pilihin aku baju” gue ngerasa menang. HUUAHAHAHA dan saat itu juga rasanya gue mau bergaya ala pahlawan bertopeng sambil koprol dan bilang ke buncit 'aku dilawan' HAHAHA.

Senyum kecil tersungging sedikit dari bibir sekseh gue. Sambil manja gue raih tangannya, si buncit senyum kecil “makanya jangan kaya anak kecil” dan pertengkaran kita berhenti disitu, hilang entah kemana. Begitulah gue dan si buncit mengakhiri sebuah pertengkaran. Jujur aja, dia itu gak bisa tahan lama-lama marah sama gue. Sepintar-pintar nya dia sembunyiin senyumnya, tetep aja pecah juga.

Setelah gue memilih-milih baju buat dia, kita pun kembali pulang kearah parkiran. “aku laper nih, sushi nya mana?” tatapan rese ini muncul, haha butuh tapi sok gak butuh. Gue cuma senyum sambil menggoda si buncit “mana tahan perut buncit cuma minum ocha doang,” kebetulan sushi gue gak abis, dan gue bungkus, gue udah hapal banget pasti si buncit mau, dia kan perut karet bin gentong jadi kalau di marah ga mau makan, itu cuma sebentar ga akan bertahan lama dan dia pasti akan menggerutu "lafaaaaar.. lafaaaaaaar.. lafaaaaar.."

“aku mana kenyang makan sushi segini, kita makan di galaxy aja ya yang” oke galaxy disini bukan sesuatu yang berhubungan dengan rasi bintang atau kawananya di luar angkasa sana. Galaxy disini adalah perumah gue yang kata orang jauh entah berantah, Bekasi. Kalo lo tau tempat nya berarti kita temenan! Haha, di daerah ruko-ruko galaxy sini banyak banget kuliner bertebaran dimana-mana, mulai dari makanan asin, pedes, manis, pahit, gurih, semuanya ada. Mulai dari ayam, lele, ikan, kelinci, sapi, kerang lengkap. Mulai dari masakan Jogja, Betawi, Padang, Makassar, Aceh semuanya ada. Lo yang nyangsang dari daerah luar Bekasi, cobain mampir ke galaxy deh. Pasti nyesel, haha, gak deh. Lo gak akan nyesel dengan deretan kuliner yang ada disini, yang ada lo bingung mau makan apa.

Saat, angin malam menyapa gue diperjalanan, dan bising motor kenalpot bersenandung dikuping gue, si buncit memecah suasana dan berkata begini,

“temen aku si didi kerjanya jadi peneliti, baru-baru ini dia neliti di daerah timur. Orang timur makanan nya apa yang”
“sagu” jawab gue singkat sok tau
“bukan, ubi.”
“ohh, teruss”

“jadi orang timur ada yang makan ubi, ada yang makan nasi. Nah yang makan ubi itu, anaknya kulitnya gelap, gizinya juga gak begitu baik. Dan yang makan nasi kulitnya terang, terus sehat-sehat. Kesimpulannya apa yang?”

“yang makan nasi sehat dan yang makan ubi gizinya kurang”
“iya jadi kalau segala sesuatunya di persiapkan, dalam kandungan sudah di jaga, dirawat, dikasih nutrisi, di persiapkan susu, sekolah dan lain-lainnya anaknya akan tumbuh kembang dan cerdas. Coba kalau gak ada persiapan modal nekat, anaknya gizinya kurang, mudah sakit, BBM naik, semua juga pasti naik harga-harganya”

“terus”
“kita nikahnya umur tiga puluh aja yah”
“ih gak mau” gue menolak keras, gue jabarin kenapa gue gak mau nikah lama-lama.
“aku kan nabung dulu sayang, aku punya target dalam setahun harus punya uang berapa. Biaya pernikahan di gedung itu gak sedikit lho. Aku gak mau nyusahin orang tua. Biar semua pake uang aku. Apa kita nikah di KUA aja udah ya, ga usah ada pesta”

“hahaha, yang. Uang kamu kan banyak, kenapa perhitungan banget sih. Gaji kamu kan lumayan, temen kamu juga ada yang dibawah umr tapi berani nikah”
"itu kan mereka, bukan aku. Aku mikir lima, sepuluh tahun kedepan. Aku kerja keras begini juga buat kamu sama anak-anak kamu nanti."

Gue gak bisa berkutik, apalah gue. Malam itu gue merasa bener-bener kaya ingus kering. Garing kriuk. Bingung harus bilang apa, tadi nya mau cerita, kenapa gue gak dateng ke nikahan temennya yang jugaaa, ahh sudahlah.. “gue ngiri” tapi kayanya denger alasan-alasan yang masuk akal kaya gini, gue jadi mikir lagi. Okelah, abaikan. Yang jelas gue seneng si perut buncit punya pikiran jauh kesana.


Okey, Tips buat kalian yang belum siap menikah:

Jangan Terburu-Buru atau Ngikutin "Trend", persiapkan semuanya secara matang, mulai dari setelah menikah tinggal dimana, uang cicilan 'utang' masing-masing pasangan berapa, jadi tau harus menyisihkan berapa uang dalam setiap bulan, yaaa yang berhubungan dengan finance lah. Umur 20-27 itu masih muda. Tenang aja, perjalanan masih panjang, artinya masih ada waktu untuk mempersiapkan semuanya agar anak-anak kalian kelak menjadi seseorang yang sukses dan berguna bagi nusa dan bangsa kelak. Kalian gak mau kan, karena ikut-ikutan rumah tangga kalian di pertaruhkan?


maaf ya fanski chat-chatan nya gue capture ;p

Kenali Pasangan dan Keluarganya Secara Mendalam, gak mau kan seperti membeli kucing dalam karung. Kenali dulu pasangan kalian secara mendalam, apakah kalian yakin pasangan kalian yang terbaik untuk kalian? Jangan sampai semasa pacaran kalian tidak saling mengetahui sifat masing-masing pasangan. Kalian gak tau kebiasaan buruk pasangan, banyak kasus terjadi saat masa-masa pacaran, sifat pasangan sangat baik dan manis, namun setelah menikah sifat aslinya keluar. Bahkan lebih ganas dari beruang yang sudah berbulan-bulan tidak makan. Kenali pula keluarganya, cari tau apakah keluarga pasangan menyukai kalian atau engga. Sering nonton Cinta Fitri kan? Dengan segala cara keluarga pasangan memisahkan kedua insan yang dimabuk asmara. Berhati-hatilah camkan itu nak!

Carilah Pasangan yang Mengajarkan Kebaikan dan Membuat Kita Lebih Dekat Dengan Sang Pencipta, Hidup ini gak ada yang abadi. Semua makhluk Tuhan, perlahan akan kembali kepada-Nya. Cari lah pasangan yang mengajarkan kebaikan, yang membuat tabungan amal kita bertambah sebagai bekal di Hari Nanti.

Cari pasangan yang bisa membuat anak, cucu kita (kita gue aja sama buncit, kalian engga) menjadi keturunan yang takut akan Pencipta-Nya dan takut akan Dosa, sehingga melakukan perbuatan-perbuatan yang menambah amalan kita kelak. bukan kah di dunia kita hanya sementara?

Rubah Sikap! Berpikir dan Bertingkah secara Dewasa,  ini sih yang paling mutakhir berpikir dan bersikap dewasa dalam menyikapi dan mengambil keputusan dalam suatu keadaan. Gak mau kan karena belum siap mental, sikap yang childish akan mewarnai sebuah pernikahan? Jangan cemburuan ya gaes! Tahan ego! (padahal gue cemburu buta, haha)

Carilah Pasangan yang membuat kita NYAMAN, Kenapa? Karena kelak, setelah nanti kita punya anak, merekapun akan mengalami fase seperti yang kita alami. Mereka akan memiliki kehidupan nya sendiri, mereka tumbuh besar dan akan memiliki rumah tangga. Kitapun akan mengalami hal yang dirasakan oleh Orang Tua kita, menjadi seorang Nenek Tua dan Kakek Tua yang renta, hidup berdua saling menitipkan, mejaga satu sama lain. Pasangan yang nyaman akan lebih menyenangkan! Tua bersama kembali seperti jaman pacaran, hidup berdua ditinggalkan oleh anak - anak satu persatu yang akan memiliki kehidupannya masing - masing. So, kalau dari pacaran pasangan kamu sudah KDB (Kekerasan Dalam Berpacaran), Tua-MU mau jadi apa? REMAHAN REMPEYEK??

Cari Pasangan yang SAYANG DENGAN KELUARGA kita! Memilih dan memutuskan hidup dengan saya serta menyayangi saya. Bukan! Menikah adalah Memilih dan Memutuskan menyayangi saya dan keluarga besar saya. Yap, cari lah pasangan yang menyayangi kamu dan keluargamu. Yang sayang padamu, kedua orang tuamu, kakak kamu, adik kamu dan keluarga besar kamu. Jangan biarkan keretakan rumah tangga terjadi akibat tidak adanya rasa saling menyayangi - empati - dan berbagi dalam sebuah keluarga, niscaya kedepannya hidupmu akan merana~ (ehhhh ini gue sotoy banget cuap-cuap kaya yang udah nikah aja :") maapin aim ya owoh aim lancang HAHAHA)

Cari Pasangan yang GAK PELIT dan GAK PERHITUNGAN! huahahaha, kalau dari pacaran aja udah pelit, kebayang gak nanti kalau berumah tangga gimana? iya kamu cuma boleh jajan sebulan sekali, dan kamu gak akan di kasih apa yang kamu mau, terus gimana kalau kamu mau kasih orangtua? kalau kamu mau sesuatu ya usaha sendiri, mandiri.

HOY! ini nikah apa lagi di jajah Belanda? Ngeri amat. haha, BUKAN MATRE, tapi memang jaman sekarang kamu harus memilih pasangan yang "Ada". Kalau kamu mau jajan "ADA", kalau kamu mau ke Salon "ADA", kalau kamu mau belanja onlineshop "ADA", Bahagianya hidupmu nak! hahaha, kita sebagai wanita harus memikirkan kedepannya, dan satu lagi ingat! JANGAN LUPA buat BERBAKTI KEPADA ORANG TUA, yah minimal seminggu sekali ngasih sesuatu. Ngasih sesuatu seminggu sekali ini pun gak akan mampu membayar jasa Orangtua kita juga sih. Pokoknya Sayangi orangtuamu dan mertuamu! Cari pasangan yang gak pelit biar kita bisa ngasih orang tua kita dan menyenangkan hidup kita!! hahahaha, opo ikih

Carilah Pasangan yang Mendukung segala Kegiatan kita dan tidak Mengekang! eh tapi ini kegiatannya apa dulu? ya kalau kegiatan yang buruk di kekang mah harus, asal jangan kegiatan baik kita di kekang ealah ini yang bikin males (ini itu dilarang). Kita diiket gitu di rumah gak boleh kemana-mana jadi wanita primitif? jangan mau gaes! Pasangan yang baik itu mendukung segala kegiatan positif yang dilakukan oleh pasangan nya.

Kalau pasangan kita mau cari teman sebanyak-banyaknya untuk nambah link dan berguna kedepannya untuk urusan pekerjaan ya jangan dilarang, kalau kata buncit mah. Toh ini juga buat kamu, ngahaha. Cari duit banyak untuk apa kalau bukan anak istri~ Uang bisa bikin bahagia, tapi kebahagiaan gak bisa dibeli pakai uang~ kalau rumah tangga yang udah lo pertahan kan sudah hancur tercerai berai karena sibuk mencari uang, lalu setelah terkumpulnya uang guna nya uang itu untuk apa? ngelem retakan tersebut?

Intinya cari pasangan yang ngedukung segala kegiatan positif lo, dan begitu pula sebalikknya! Lo gak boleh ngekang dia mau kemana, ngelakuin apa. Pasangan yang baik tau kok mana yang bener - mana yang engga. ahhmaca ciihhh? Kalau gue sama buncit sih saling percaya aja, percaya kalau salah satu diantara kita ada yang macem-macem, ya salah satu dari kita akan ada yang muntah paku payung atau beling jangan heran itu perbuatan siapa hahaha, saling percaya aja. Apapun yang dilakukan diluar sana kita emang ga tau, Tapi ada Tuhan yang Ngawasin Gerak-Geriknya, jadi ya didukung aja. Baca juga tips hubungan biar langgeng dan buat yang kebelet nikah cuuss mampir ;D

Bhay,

dari gue yang masih bermimpi nikah muda.
tapi sekarang umur gue udah 24 ngahaha (2016)