2/06/2016

Tips Menjaga Hubungan Tetap Langgeng!

Seperti terkesan agak menggurui ya, haha, maapin aim ya oowoh. Oke jadi gue cuma mau berbagi resep kesotoyan yang akan gue tularkan sama kalian semua. Iya kalian yang sedang menjalani hubungan bersama pasangan kalian. Sorry Mblo, lo mundur, lo gak punya pasangan, artikel ini gak cocok buat lo. Haha, kampret gak sih lagak gue~ bomat!

Semoga cepet dapet jodoh ya mblo!
Aamiin!

Baru dua hari yang lalu gue nemenin Nadya sama sang calon suami untuk ngasih undangan pernikahan mereka, undangan pernikahan! Bukan sunatan ya! ke ‘mantan kantor gue’ sebut saja ICPL, kalian pasti ga tau. Iya dan gak boleh tau, soalnya ini bukan sembarangan perusahaan. perusahaan rahasia, tsaaahh~ Gak sembarangan orang bisa masuk tempat ini, hanya orang-orang terpilih dan kuat bisa berada di tempat ini, hah? Lo gak bilang gue sama Nadya gak kuat kan? Iya bagus! Soalnya Gue sama Nadya resign karena ahh sudahlah~

Tau gak sih lo? Kampret nya lagi gue sama Nadya ngajuin cuti barengan! Setelah itu? Kita ngajuin resign pun barengan. Semua orang ngira kita kembar. Iya kita kembar tapi kembar ketemu gede, yang satu badannya gede yang satu badannya mungil. Yah lo tau lah siapa yang badannya gede! * gue sambil melototin*

Sebenernya gue punya feeling gak enak nganter Nadya kesana, gue tau banget pasti om-om berperut buncit itu akan ngeledek gue! Bener kan

“Strid gue kira elo yang nikahan”

“strid, gue kira lo nikah barengan Nadya berdua, nikah masal, patungan kan bla – bla bla”

“elo pacaran paling lama, nikahnya belakangan” Dan bla bla bla ~

Apalah gue ini om! Aku hanya bisa menunggu om!! Rasanya pengen gue sambelin mulut om-om itu, gue cuma bisa ngeles~ gue cuma bisa bilang,

“doain sih om, biar cepet nyusul”.

Kebayang dong selama hampir dua jam disana isi pembahasannya ngeledekin gue sama Balan. Huhuhu, rasanya gue pengen masuk kedalam tipi, terus keluar-keluar kaya sadakoh sambil gentayangin om-om buncit itu dengan rambut dan kuku-kuku eksotisnya.

Itu doang? Kalau itu doang sih Alhamdulillah~ pulangnya gue nemenin si buncit futsal dong bareng temen-temennya. Dan selama si buncit main, tentunya gue duduk di bangku penonton bersama para ciwi-ciwi pacarnya temennya si buncit. Ada lah yang udah nikah dan ngebahas

“Makanya buruan nikah, nikah enak lho, bla bla bla”

Emmmmh, muka gue kaku kaya kayu mahoni di Kebun Raya Bogor, pengen berakar tapi mesti lempar senyuman. Belum lagi si buncit bagiin undangan yang dititipin temen gue yang juga temen SMA nya si buncit. Alhasil, kena lagi lah gue. 

“Cit, Amal mau nikah. Lo kapan?”

gue cuma bisa lemparin senyuman termanis gue ke temennya si buncit. Huuuuuh, hari ini gue kenyang banget dengerin “Kapan Nikah, Kapan Nikah, Kapan Nyusul” ibuuuuuuu….

Jodoh, Rezeki dan Maut sudah di Atur sama Allah, kita manusia cuma bisa berencana dan berdoa serta ngejalanin semua ini dengan sebaik mungkin. Kalau ditanya ingin nikah ya semua wanita pingin lah. Tapi kan itu gak bisa di buru-buru, semua harus dipersiapkan dengan matang.

Masih inget kata si Fanski, nikah itu jangan diburu-buru, karena pasangan hidup kita itu gak cuma nemenin kita setahun dua tahun. Tapi seumur hidup, sekali aja lo salah pilih, kedepannya kehidupan lo bakal ya you know lah!

Makanya kalau ada yang nanya kapan nikah gue cuma nyengir dan bilang “doain aja, aamiin”. Sekarang? Sekarang gue mau kasih tips buat kalian wanita yang sedang menunggu dan menanti hari yang indah itu datang, karena semua akan indah pada waktu nya di saat yang tepat! Ngiihiii~

Satu-satunya alasan kalian menunggu adalah “DIA”,
si dia mungkin belum siap dengan apa yang dia miliki (finance),
si dia mungkin belum yakin dengan kita,
atau si dia belum siap melepas status ‘lajang’ dan berubah menjadi terikat dengan wanita cantik nan sempurna seperti kita ini dengan status ‘sudah menikah’ nantinya~

Gue gak pernah nanya sih kapan kamu nikahin aku, tapi dia selalu bilang “Tunggu aku siap ya, karir aku bagus karena aku sekarang ini belum punya apa-apa, aku gak mikirin diri aku sendiri kok. Aku masih cari tempat kerjaan yang oke biar bisa bahagiain kamu dan anak-anakmu nanti” hhhiiihhh, aku mah apa mas, kamu ngomong gitu aja aku langsung melting, hahaha.

Gue punya pasangan yang gak bisa ngomong romantis apa lagi sikap yang romantis. Kebetulan pasangan gue gak begitu. Gue sebenernya pengen nanya sama Titi Kamal dan Chelsea Olivia. Pas mereka pacaran gimana sih mereka sama pasangan mereka? Apa Christian Sugiono ngomong cinta melulu sama Titi Kamal setiap saat? Apa Glenn Ngasih kejutan melulu buat Chelsea? Salut lah sama mereka, menjalin hubungan "pacaran" bisa selama itu dan gak pernah denger mereka putus atau bertengkar hebat *cem gua kerabatnya aja* sampai kejenjang sekarang ini*prook proook tepuk tangan*

Lo tau? Dari awal gue kenal sama dia, gue itu ribut mulu, gak pernah akur. Dan gue gak tau kenapa masih bisa awet selama empat tahun ini. Awal ketemu pembicaraan kita mulai dari,

“Ih, kok lo masuk SMA 3 sih? Gak di terima di SMA 2 yah? Kasiaaaan!!”
Kampret gak sih lo, lagi pedekate gini malah diajak berantem?

“Biarin aja, yang penting gue kuliah di negeri, lo di swasta weee” jawab gue ketus dan gak mau kalah!

“ih kok lu anak IPS sih? Kaya gue dong anak IPA” biasa ada anak sombong, udah tau gue kuliah di komunikasi ya pinter ngeles lah gue.

“ya ilah, lo masuk IPA juga karena gurunya kasian sama lo, gue tanya rumus IPA ya, ahh palingan lo juga ga tau. SMA IPA, kuliah Akuntansi, nyebur ke kalimalang sih” 

Begitulah pedekate gue sama si buncit monyong selalu memperdebatkan apa yang ada didalam diri pasangan masing-masing. Sungguh gak romantis, jauh dari ekspektasi gue haha.

Tapi, gue ga tau ya. Gue selalu nyaman dengan adu argument dan omongan sama si buncit ini. Bahkan :”) kalo kita gak berantem, gue yang bikin perkara biar greget.

Dia itu bisa jadi sahabat buat gue, dia bisa jadi kakak, bisa jadi pacar, bisa juga jadi musuh buat gue. Kata orang, Muka dia nyebelin, itupun gue alamin. Muka dia emang nyebelin, nyebelin banget. Tapi itu yang bikin dia ganteng bangat di mata gue!

Suara dia yang kalo ngomong dengan nada tinggi, menurut orang, dia itu lagi ngajak ribut, tapi gue tau emang begitu nada dia kalo bicara. Dirumah gue juga ada yang modelnya kaya gitu, bokap, abang gue, ade gue. Coba aja lo main kerumah gue, kadang kaya pasar malem pada brisik kalo ngomong, tapi menurut mereka suara mereka itu biasa dan pelan. Bahkan orang tua si buncit aja pernah nanya sama gue,

“kamu kok betah sih sama mas alan, dia itu paling beda lho sama adik-adiknya” gue cuma bisa mesam-mesem sambil liat si buncit

Hubungan kita kedepannya gak ada yang tau dan gue cuma bisa berdoa dan ngejalanin sama si buncit dengan ke ajaiban masing-masing perilaku yang kita punya. Semoga kita langgeng, sampai ke jenjang yang lebih serius lagi dalam sebuah "rumah tangga". Aamiin

 So tips yang pertama adalah:

Jangan lupa kasih perhatian dan kejutan kecil untuk pasangan! Gue adalah orang dengan segala kekurangan, tapi si buncit terima gue apa adanya. Dengan ke sotoyan gue, ke bawelan gue, ke kanak-kanakan gue, ke cemburuan gue, ya bisa 10 halaman lah kalo jabarin kekurangan gue,

Tapi DIBALIK itu semua, gue itu orang yang perhatian! Dih perhatian ngaku-ngaku! Haha~ Buncit kadang seminggu bisa sekali atau dua kali kerumah, mengingat dia sebagai konsultan pajak kadang lembur mele belum lagi ada les brevet, ditambah kantornya yang sekarang di daerah gajahmada. Dan lo tau? Ga lah ya, kan gue belom cerita. 

Dan lo tau? Gue suka nulis–nulis di kertas kecil dan suka gue selipin ke dompet dia, sewaktu dia sholat atau dia lagi ke toilet. Norak sih. Tapi sampe sekarang masih di pajang tuh tulisan gak jelas gue di dompetnya. Tulisannya isinya?

“semangat kerjanya monyong, jangan lupa sholat, jaga kesehatan"

Ada yang lebih norak dari itu gak sih? Tapi itu sweet! Gak perlu kejutan mewah atau bawa-bawa temen buat melancarkan aksi kita, perhatian kecil kaya gitu aja sebenernya bisa ngena lho buat pasangan!

Mungkin hal ini biasa buat gue, kayak kalau dia mau kerja, dan kebetulan gue bisa ketemu dia, gue akan bawain bekel sarapan buat dia. Tapi? Menurut dia itu ahh sudahlah, lo tanya aja sendiri perasaan buncit saat gue bawain dia bekel. Hahaha, macam mamak-mamak ngasih ke anak nya ya, cobain deh!

Jangan cemburuan! Ealah lo ngomong apa striid? Cemburuan? Haha, jujur aja. Gue itu cemburuan. Gak bisa ga cemburu. Gue itu orang yang akut banget! Cemburu gue itu parah! Gak banget dan untungnya Si buncit masih tahan dan bisa memahaminya. Hahaha, tips buat gue dan kalian, kurang-kurangin sama yang namanya cemburu. Karena rasa cemburu kita terhadap pasangan bisa bikin pasangan gak nyaman.

Dulu cemburu gue akut banget, gue sering ngecekin hpnya, semua media sosialnya, sampai akhirnya kata dia “jangan! Jangan liat hp aku lagi yang. Kamu itu gawat kalau cemburu” Kebayang gak sih lo, temen 'cewek' pacar lo yang nanya urusan kerjaan aja bisa lo cemburuin. Parah kan gue! Tapi alhamdulillah.  Berkurang dikit sekarang.

Dikit~ cara siasatinnya? Jangan KEPO. Udah itu aja, untung nya gue punya pasangan yang gak macem-macem, jadi sebenernya rasa cemburu gue itu sebenernya bisa hilang kalau gue sendiri yang berusaha buat gak KEPO. Toh, pasangan kita udah jujur, masalah dia bohong, ya biarin aja. Gue selalu doain si monyong kalau dia bohong, aku ga ikutan ya kalau kamu muntahnya paku sama beling. Itu otomatis keluar kalo kamu bohong ;P

Jadi diri sendiri, Kamu cantik-cantik dari hatiMu! Ini pernah gak sih terjadi sama lo? Lo masih di bayangin mantan nya dia, atau lo mau lebih cantik dari mantannya atau lo mau nyamain kecantikannya Taylor Swift. Pernah gak sih? Gue pernah sih. Sedih banget gue pernah ngelakuin kebodohan itu. Gue berusaha diet kaya apapun dan gak ada hasilnya, haha.

Gue mikir gue harus lebih dari mantan-mantannya. Hasilnya? Gue lebih jelek dan gak lebih baik dari mereka semua. Karena? Karena pikiran gue yang jelek bisa kepikiran kaya gitu. Cantik itu relatif dan gak bisa di ukur dengan lo putih, mata lo belo, body lo slim, bibir lo kaya anjelina jolay, gak!

Jadi diri sendiri! Selain bikin lo merasa nyaman, inner beauty lo akan terpancar. Mantan adalah alumni yang udah selesai wisuda dan gak mungkin lagi balik duduk di bangku kuliah yang sama di kelas yang sama. Biarlah semuanya berlalu. Adanya masa depan karena adanya masa lalu, bukan masalah lu. Jalanin yang sekarang, toh sekarang dia udah milih lo.

Sekarang lo hanya perlu persiapkan diri lo untuk jenjang yang lebih serius lagi dari sebuah hubungan yang namanya ‘pacaran’ ke ‘pernikahan’ mending lo sibukin diri menata diri supaya lebih baik lagi. Dari pada sibukin yang gak guna, kaya stalking mantannya - cowok lo. dih hapal banget, pernah ya strid haha

Intinya, lo harus yakin sama diri sendiri, gak perlu ikutin orang lain! Apalagi jadi orang lain! BIG NO! Ketika lo gak bisa feminim kaya cewek lain yang bisa pakai rok dan sepatu berhak, Lo gak perlu paksain!

Ketika lo takut sama kucing dan sukanya uler, ya gak usah dipaksain! Lo sok-sokan suka kucing padahal lo takutnya setengah modddduar! Dan lo pura-pura benci uler, padahal menurut lo uler adalah hewan yang unyu. Jujurlah sama diri lo sendiri :)

Gak perlu bohongin diri lo untuk mendapatkan perhatian pasangan Lo! Karena kelemahan lo, adalah kelebihan pasangan lo. Jangan minder! Just Be Your Self Gaiiiisss :D

Semua wanita didunia ini terlahir cantik dan pantas bahagia! Yah, minimal buat ngejaga itu semua, lo bisa wudhu yang rutin, mandi yang bersih, wangi dan gak bau ketek terus rajin-rajin sikat gigi setiap hari. Percaya deh, gue yakin cowok lo bakal lengket terus sama lo kaya upil sama batang idung! 

Ada saat nya berbicara dan ada saatnya menjadi pendengar! (PENGERTIAN) Pasangan yang maunya di ngertiin mulu enaknya lempar ke lumpur Lapindo yang gak kelar-kelar. Iya mungkin itu perasaan si Buncit waktu dulu, sekarang iya gak yah? Cmiww, dulu gue itu orang yang maunya di ngertiin, gue maunya di denger. Tapi? Untungnya si buncit gak lempar gue ke lumpur lapindo, haha. Semua itu adalah proses. Akhirnya kita ngerti ada saatnya kita menjadi pendengar, ada saatnya kita bicara buat kasih masukan atau solusi.

Siapa orang yang pertama buncit kasih tau waktu dia mau di interview kerja? GUE! Siapa orang yang pertama kali buncit kasih tau waktu dia mau resign? GUE! Siapa yang nemenin buncit waktu bikin skripsi atau revisi skripsi atau sidang kelulusan ditunda siapa? GUE! Siapa orang pertama yang ditraktir buncit waktu dia gajian pertama kali? GUE! Mungkin gue sekarang sudah menjadi pendengar dan pembicara yang baik kali ya, sampai segitunya si buncit nyariin gue mele, hahaha ge~er~!!!

Gak gitu, gue cuma mau ngasih tau sama kalian, jadi lah wanita yang pengertian, jangan egois. Muahahaha, dibalik suksesnya laki-laki ada wanita hebat di belakangnya! Di balik hancurnya laki-laki ya ada wanita begitulah di belakangnya, sotooyy~

Luangkan waktu bersama, bukan seberapa banyak kalian bertemu tapi bagaimana kualitas pertemuanmu! JAGA itu! Paling males kalau udah gak ada komunikasi dari sebuah hubungan. Menurut gue komunikasi itu penting banget. Untungnya alhamdulilah jangan sampe. Gue kalau berantem sama si buncit paling lama setengah hari. Paling lama, entah paling salah satu dari kita ada yang ngalah.

Kaya gue yang ujung-ujung nya jatohin harga diri gue. Inget gue yang kadang memulai sebuah perkara! Biar greget! Jadi gue juga yang jatohin harga diri gue, sedih sih men, hahaha

“nyong, kamu tahan banget gak BBM aku! gak kangen aku apa? Emang kuat lama-lama gak hubungin aku?”

Itu yang tadinya kita perang dunia ke lima, akhirnya langsung cair suasana, dia langsung bales

“lagian kamu bla bla bla bla, aku juga kangen. Makanya jangan mulai bla bla bla” sekian. Selanjutnya kita lupa tadi ada apaan ~

Gak cuma itu, kalau ribut dijalan? Biarin aja si buncit ngoceh apa, paling gue cuma dengerin. Kalau dia udah kenyang dan kelar ngomong dan cape entar dia juga berenti sendiri. Haha, tips yang aneh. Ini gak bisa jadi acuan kalian sih, tapi paling gak. Setiap pasangan punya caranya masing-masing dalam menghadapi suatu masalah. Gak mungkin gak ada masalah, menyatukan dua kepala yang berbeda itu lumayan rumit dan butuh kekuatan ekstra lho!

Kalo si buncit mulai jarang bales BBM atau yang lainnya, itu tandanya dia lagi sibuk atau istilahnya ‘biarkan aku sendiri’ entar kalo udah kelar juga di nyariin gue. Jangan dipaksain gaes! kalo dia bales lama, atau jarang bales pesan kita, biarin aja dulu. Semua orang butuh waktu me time kan! Gue juga, kadang males banget bales bbm si buncit kalau lagi nonton korea! Hahaha, biasanya bisa berjam-jam keasikan nonton Siwon dan lupa kalau ada yang nyariin, dan biasanya kalau gue lagi nonton, pasangan ajaib gue yang pengertiian ini paham banget. Kalo gue nonton gak bisa di ganggu. Begitu juga buncit kalo lagi naik gunung atau futsal atau ngumpul bareng temen, biarin aja lah~

Kadang jam 10 malam, tau-tau buncit udah di depan rumah, ngajak makan dan bilang.

“huu, aku belum ketemu nasi dari pagi, kerjaan banyak banget lagi. laper banget nyong. Makan yuk”

Iya, se-larut malam itu. Dia dateng ke galaxy cuma minta di temenin makan! Ya, hal-hal yang kaya gitu. Simpel! Kadang mata gue tinggal 8 watt dan cuma nemenin dia, gue ga makan lagi diet ceritanya. Tapi itu bikin dia nyaman dan tenang karena gue hadir ditengah-tengah dangdutan perutnya.

Apa aja bisa kita omongin, dari mulai pembeli gue yang kadang berulah, kerjaan dia numpuk, urusan politik, hiburan, mulai dari yang penting sampai ke yang gak penting!

Jangan mengeluh dan banyak menuntut! Bagi siapa aja, yang baca artikel gue. Kalian harus contoh sikap gue! Salam super! Hahaha, sok bangat. Jujur aja, gue gak pernah nununtut buat ngerayain setiap bulan atau setiap tanggal berapa untuk memperingati apa, gue juga gak pernah minta hadiah atau kado apapun. Gue Alhamdulillah, cukup pengertian dan gue tipikal orang yang mandiri. Selama empat tahun ini, Alhamdulillah gue gak pernah minta, cuma malak! ;P

Pokoknya, jangan kebanyakan ngeluh. Kebayang dong kalo entar kita nikah, kita ngeluh mele kepasangan. Sukur-sukur cuma pasangan, kalo ke orang lain ngeluh juga? Yah, jangan sampe. Sebisa mungkin tahan sendiri dan omongin sama pasangan. Omongin yang perlu di omongin. Yang gak perlu di omongin ya jangan, yang ada entar pasangan kita kepikiran atau yang lebih parah lagi malah ilfeel!

Disaat cewek-cewek lain NUNTUT Pasangan nya buat ketemu, ngerengek kangen ke pasangannya, gue yang tau emang Mas Alan sibuk karena kerjaannya, cuma bisa semangatin dia. Ya, menurut gue fase manja dan ngerengek itu udah lewat, sekarang saatnya ngedukung pasangan masing-masing buat masa depan! toh kalau kata Mas Alan,

"Akan ada masanya kamu akan bosen ketemu aku, karena suara ngorok aku, kebiasaan jelek aku saat aku tertidur. Jadi nikmati aja masa sekarang sampai masa nanti itu akan tiba" :D

Saling Introspeksi Diri Masing-Masing, nah yang gue bilang tadi. Setiap kekurangan pasangan adalah kelebihan yang kita miliki, dan kekurangan kita adalah kelebihan dari pasangan kita. Tapi, dalam sebuah hubungan 'mbo ya jangan keasikan dengan kebiasaan buruk kita', kita ngerasa ah gue kurang sabar, ah gue terlalu cemburu, lantas lo berlarut dan ngecap diri lo seperti itu.

JANGAN TERBIASA SEPERTI ITU. Berubahlah! Toh, ini pun untuk kelangsungan hubungan kalian berdua, bukan untuk orang lain. Minimal, kurangin kebiasaan buruk 'kekurangan' lo itu, gue yakin lo bisa nguranginnya. Dan, pasangan lo akan bahagia dengan perubahan lo itu. Pelan tapi pasti ;)

BERSYUKUR! Kunci langgeng atau engga nya suatu hubungan menurut gue sih itu. "BERSYUKUR", Lo gak akan mendapatkan seseorang yang sempurna di dunia ini. Lo harus bersyukur dengan apa yang lo punya sekarang. Lo harus bersyukur punya pasangan yang kaya sekarang. Begitupula sebaliknya, pasangan lo seharusnya bersyukur punya lo sekarang ;D 

Karena menurut gue, seseorang yang sempurna itu cuma ada di komik dan di drama-drama Korea doang. Realitanya, setiap manusia punya kekurangan dan gimana si pasangan melengkapinya dengan menjadi kelebihan pasangan nya itu sendiri. Simpel lho sebenernya. Jika kedua belah pihak sama-sama saling bersyukur, otomatis gak ada itu yang namanya "selingkuh, nakal, dll". InsyaAllah. Selebihnya, itu semua kehendak yang kuasa, gimana mau ngatur skenario umatnya dengan sedemikian rupa :)

Gue juga gak tau dan gak pernah habis pikir gimana bisa gue dapet pasangan yang suka banget sama itung-itungan sedangkan gue paling gak suka sama yang namanya hitung-hitungan. Salah satu alesan gue masuk jurusan komunikasi, karena gue gak suka hitung-hitungan itu. Tapi Allah punya rencana lain, gue dipertemukan dengan pasangan yang hobby banget ngitungin duit orang haha, Mas Alan yang jadi seorang konsultan pajak dengan background akuntansi entah bagaimana caranya perbedaan ini ternyata bisa saling melengkapi lho! hahaha, Kaya misalnya setiap Mas Alan punya usaha gue yang, mulai design sampai marketing dan ketika gue punya usaha, Mas Alan bantuin ngitung dari mulai ngitung laba bersih - laba kotor dan pembukuan. Simple! Selalu BERSYUKUR Gaiiis :D

Dan menurut gue pribadi sama Mas Alan, semua kesalahan itu pasti punya jalan keluar dan solusinya. Gak mungkin gak ada. Gak perlu main salah-salahan atau mencari kambing hitam setiap permasalahan didalam sebuah hubungan. Alhamdulillah, gue sama mas alan belum pernah berantem lebih dari tiga hari dan Alhamdulillah belom pernah yang namanya putus atau putus-nyambung *doain gaaais biar cepet dihalalin haha*, Karena menurut kita saling percaya adalah inti dari sebuah hubungan. Untuk apa hubungan tanpa dilandasi sebuah kepercayaa :) Ibarat rumah, pondasinya gak kokoh, bisa cepet roboh kah?

Aduh, gue kaya orang bener aja ini nasehatin orang, hahaha.. Maapkeun ya gaiiss..

Apa lagi ya, banyak banget sih yang pengen gue ceritain. Tapi nanti yang ada pada ketagihan lagi, bisa berabe urusan rumah tangga di bongkar dimarih, hahaha, selanjutnya doain gue yang terbaik aja yes! Semoga TAHAP ini segera berakhir dan semoga bisa memulai ke jenjang yang lebih serius lagi, Aamiin! Semoga kalian juga menemukan kebahagian yang abadi selamanya eyyyaaa.. Aamiin :)