8/19/2016

Baking Soda, Putihkan Gigi?

Gaesss, biasanya sebelum ngasih tips-tips sotoy gue akan ujicoba dulu ke gue sebelum gue share ke kalian. Dan gue akan cerita sedikit tentang pengalaman gue menggunakan baking soda untuk pemutih gigi :')

Tanpa ilmu yang memadai dan baca terlebih dahulu 'kan sotoy lo strid', jadi gue cuma denger katanya-katanya-katanya, bahaya banget deh emang kalo cuma denger katanya :") Tanpa pikir panjang gue coba doongss, buat adonan BAKING SODA + ODOL untuk putihin gigi.





Selama seminggu, tujuh hari berturut-turut (Pagi-siang-malem), setelah makan gue coba bersihin gigi dengan menggunakan tambahan baking soda. Apa yang terjadi? serius, gak pake boong.

JANGAN KALIAN COBA-COBA GOSOK GIGI DENGAN BAKING SODA SELAMA SEMINGGU FULL KAYA GUE! Sorry capslock jebol hahaha

Apa dampaknya strid? MULUT GUE SARIAWAN, LEDES, PARAH!!! SARIAWAN GUE GAK SEMBUH, GAK MEMPAN DIKASIH ALBOTHYL!!! Lima hari kayanya gak sembuh seinget gue.

Gak cuma itu aja!! GUSI gue kaya luka merah-merah gitu. NGerrrrrrii pake banget pokoknya. Parno gue mulai bergejolak sampe gue mikir, apa gue kena kangker mulut amit-amit ya allah. Itulah tanpa pengetahuan yang memadai. Kesotoyan. Tapi, karena itu gue jadi belajar sih. Jadi tau! Bahaya banget deh emang.

Kira-kira kaya gini sih bentuknya | sumber: Google

 
 sumber: Google

Ohhhiya! Gusi gue kaya ada mata ikan nya gitu yang putih berair kecil-kecil. Gak kebayang gimana seremnya. Gue aja sampe takut buat liatnya hahaha *gigi-gigi lu nape takut??*, berasa kaya dokter gue coba buka mulut, senterin luka-lukanya sambil merem-melek nahan sakit, jejelin obat :")



TAPI, untung nya bonyok ngasih gue odol jepang yang entah dari mana gue ga tau bonyok dapet itu. Setiap malem gue olesin odol macha nya ke luka yang ada di gusi. Alhamdulillah kelar seminggu sakitnya :") seminggu pake baking soda, seminggu nahan sakit, strid-strid ._.

Begini penjelasannya,

Baking soda merupakan bahan kimia sintetis. Penggunaannya harus hati-hati karena baking soda adalah bahan kimia yang bersifat abrasif. Penggunaan baking soda secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan merusak permukaan gigi dan gusi.

Enamel gigi akan mengalami penipisan sehingga gigi menjadi transparan dan warnanya malah menjadi gelap. Di samping itu gigi juga akan mengalami korosi dan mudah rapuh atau keropos.

Karena itu, jangan menggunakan baking soda secara langsung. Artinya, jangan membuat racikan atau ramuan pemutih gigi dengan mencampur baking soda, berapapun ukurannya, karena kita tidak tahu standar ukuran yang tepat.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari baking soda dalam memutihkan gigi, gunakan saja pasta gigi yang mengandung baking soda. Baking soda dalam pasta gigi tentunya telah memenuhi standar, telah melalui uji klinis, dan telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan gigi.

Dengan menggunakan baking soda 4-6 bulan sekali berarti setahun hanya 2-3 kali saja. Ini lebih aman bagi ketahanan enamel gigi terhadap sifat abrasif baking soda. Tetapi penggunaannya harus ekstra hati-hati. Saran saya, lebih aman dihindari.

Umumnya orang menggunakan takaran 1/2 sendok teh baking soda dicampur dengan 1/2 sendok teh perasan jeruk lemon. Tapi ini bukan rekomendasi dokter gigi dan pakar kesehatan gigi. Sebaiknya gunakan saja pasta gigi yang mengandung baking soda. Takarannya pas, aman, dan recommended.

Kalau ingin cepat ya baking soda, tetapi tidak aman. Lebih baik gunakan pasta gigi yang mengandung baking soda dan fluoride karena takarannya sudah direkomendasikan oleh ahli gigi.

Untuk mencegah timbulnya karang gigi, Anda harus rutin mengonsumsi sayur dan buah, perbanyak minum air putih, hindari makanan yang manis dan lengket, dan tentu saja harus rutin menggosok gigi. sumber

SEMOGA BERMANFAAT YA Gaess, jangan asal kaya gue yang terlalu sotoy ._. Niatnya mau berbagi tips, emalah gue yang sakit fufufu, boleh-boleh aja menggunakan baking soda sesuai takaran dan dilakukan 4-6 bulan sekali, JANGAN SEMINGGU FULL - SEHARI TIGA KALI! :"D Semoga gak ada lagi yang salahsotoy, ngikutin jejak gue hahaha, nanti gue akan kasih tips selanjutnya yang beneran bisa bikin putih gigi, bhayy