10/18/2016

Arti Jerawat Bagi Kesehatanmu! Coba Cek Disini!


Ye ye ye!! Akhirnya gue balik lagi dari persembunyian gara-gara gegalauan kemarin. Hehehe, gue mau kasih tau beberapa info hasil googling sana sini dan akan gue rangkum untuk kalian semua. Ciyeee gaya lu peraa strid


Jerawat emang ganggu banget! Bikin gak pede! Tapi tau gak sih? Setiap jerawat punya masing-masing arti bagi kesehatan tubuhmu. Apa aja? Langsung cekidot gaess, dari pada kebanyakan dengerin gue cuap-cuap hehe


Sebagian dari kalian pasti pernah ngalamin yang namanya berjerawat. Pernah ngalamin jerawat di dahi seperti gambar diatas?? Jerawat tersebut bukan sembarang jerawat lho! Ada artinya! Jerawat di dahi disebabkan karena kalian sedang mengalami "streesss berat" atau "stresss akut pake bangat!!", khawatir berlebih, cemas pada sesuatu, galau, was-was, senewen gak karuan, emosi meledak-ledak, sehingga mengganggu peredaran darah ke jantung. Dengan begitu peredaran darah bersih dalam tubuh tidak tersebar secara merata, dan timbul lah beberapa jerawat di dahi. Biasanya kalau timbul didaerah tersebut kalian sedang mengalami gangguan pencernaan! Hayooo!!

Solusinya? Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau 2 liter air, jangan malas! Tidur yang cukup, jangan terlalu larut malam! (inget jangan begadang kalau tiada artinya) Membiasakan bangun di pagi hari, jangan lupa berolahraga secara teratur agar tubuh lebih sehat dan melancarkan peredaran darah yang tersumbat!


Gak cuma jerawat di dahi, sebagian orang pasti pernah ngalamin juga sama jerawat bandel yang numbuh di sekitaran "atas alis", hahaha, buat kalian yang suka ngukir alis, bete banget kan kalau lagi asik ngelukis tiba-tiba kena jerawat! errr! JERAWAT tersebut biasanya dikarenakan "Palpitasi, aritmia".

PALPITASI adalah perasaan (sensasi) yang tidak menyenangkan yang disebabkan oleh denyut jantung yang tidak teratur. Beberapa orang dengan palpitasi-palpitasi (jantung berdebar), tidak menderita penyakit jantung atau kelainan irama jantung (abnormal) dan penyebab jantung berdebarnya tidak diketahui. Pada penderita lainnya jantung berdebarnya disebabkan oleh kelainan irama jantung. Sumber

Solusinya? Kurangi minuman beralkohol. Tidak berolahraga secara berlebihan! ‘cukup teratur aja ya gaes’ istilahnya gak usah over, gak usah lebay! jerawat pada daerah ini, juga disebabkan karena penumpukan toksin. Kurangi juga minuman berkarbonasi dan kafein. Hindari rokok! Kurangi makanan pedas dan makanan instan atau cepat saji!


Jerawat yang berada diantara alis, biasanya menunjukan kalau kamu terlalu banyak minum alcohol atau terlalu banyak mengkonsumsi minuman mengandung kafein atau berkarbonasi. Selain itu banyak nya penumpukan toksin mengakibatkan timbulnya jerawat diantara alis.

Solusinya? Hindari minuman mengandung alcohol, kafein dan berkarbonasi. Hindari makanan cepat saji atau instan, hindari pula makanan olahan berbahan kimia. Gunakan waktumu dipagi hari untuk berolahraga dan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Konsumsi buah yang kaya akan serat. Hindari paparan sinar matahari secara langsung, kurangi pemakaian cream atau lotion didaerah sekitar alis.


Jerawat yang timbul pada bagian atas hidung, biasanya menandakan bahwa sistem pencernaan yang kamu miliki lagi gak baik. Entah asam lambung, maag, atau sistem pencernaan lainnya yang sedang bermasalah sehingga menimbulkan rasa sakit perut, kepala pusing tujuh keliling, mual, dan lain-lain!

Solusinya? mengkonsumsi makanan kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan jangan minum-minuman yang dingin. Usahakan juga olahraga yang teratur yes!


Jerawat merah yang muncul segede gaban emang ganggu banget, udah kaya pencetan tombol bel di kuis-kuis haha. Hal tersebut dikarenakan peningkatan tekanan aliran darah ke daerah tersebut. Bisa juga merupakan gejala penipisan kulit (telangiectasia rosacea) karena penggunaan cream pemutih yang tidak baik (baca disini ciri-ciri cream bermerkuri). Kadang pilek  dan komedo di hidung juga bisa muncul karena penggunaan lipstick atau liner yang comedogenic (merangsang tumbuhnya komedo). Terus gimana solusinya??

Solusinya? Menjaga pola makan yang teratur! Usahakan olahraga dipagi hari dan menghirup udara pagi hari yang belum tercemar polusi. ‘ya sekitar jam 4-5 pagi lah ya’ hehe. Hindari makanan berminyak dan pedas karena memicu tumbuhnya jerawat pada daerah tersebut.


Tau gak? Masing-masing jerawat di pipi punya arti lho! Jerawat di pipi sebelah kiri menandakan kalau fungsi hatimu sedang terganggu! Sedangkan jerawat didaerah pipi sebelah kanan menandakan kalau fungsi paru-parumu sedang terganggu! Hal ini juga biasanya disebabkan karena asap rokok, asap kenalpot, pokoknya polusi udara yang mengakibatkan gangguan fungsi hati dan paru-parumu!

Solusinya? Menjaga pola makan yang teratur! Tidur yang cukup! Minum air putih minimal 8 gelas sehari. Membersihkan layar ponselmu! Karena layar ponsel menyimpan beberapa bakteri jahat yang dapat menimbulkan jerawat! Mengganti sarung bantal, kasur, dan guling secara bekala ‘sarung yang gak dicuci-cuci menyimpan keluarga dan kerabat bakteri agar bersilahturahmi dan membentuk kerajaan pada pipi kita agar menimbulkan jerawat’ berhati-hatilah!! Hindari juga makanan yang mengandung seafood, mangga, kacang dan talas.


Jerawat didaerah sekitar bibir dan rahang menandakan bahwa kamu sedang bermasalah dengan mulutmu atau Bisa jadi kamu sedang sakit gigi, sariawan, gigi kamu bolong, infeksi atau pasta gigi yang kamu gunakan bermasalah! Terlalu banyak mengandung fluoride! Bisa juga kamu sedang bermasalah dengan 'sembelit'.

Solusinya? Gunakan pasta gigi yang fluoride nya tidak terlalu banyak! Konsumsi sayur dan buah 'serat tinggi'! Perbanyak buah strawberry dan pepaya! Hindari makanan gorengan atau berminyak! Minum air putih minimal 2 Liter sehari.


Kalau kamu pikir jerawat di dagu itu mengganggu banget, *tosss* gue juga berpikir demikian! Lagi asik-asik garuk dagu tiba-tiba kesenggol gak sengaja jerawat didagu ‘oouuch’ pedih-pedih, gatel enak gimana gituu. Tapi tau gak sih arti dari jerawat yang lagi nangkring syantik di dagu kamu itu apa? Jerawat tersebut, menunjukkan ketakseimbangan hormonal karena menderita stress berat. Biasanya jerawat didagu pada wanita ‘berhubungan dengan waktu premenstrual’. Atau jerawat tersebut menandakan bahwa sistem endokrin pada tubuhmu sedang terganggu!

"GUE LAGI GAK BIKIN GAMBAR JERAWAT DIBAWAH DAGU", PAHAM LAH YA BAWAH DAGU. Tau gak kenapa jerawat bisa nangkring dibawah dagu? hal tersebut menandakan bahwa sesuatu yang salah pada pola dietmu! hehehe, biasanya hal ini terjadi karena kita sering mengkonsumsi makanan manis, makanan berlemak, dan kurang serat!

Solusinya? Bangun pagi secara teratur dan berolahraga secara rutin! Hindari makanan dan minuman dingin karena dapat memicu pertumbuhan jerawat didaerah dagu dengan cepat. Hindari juga gorengan dan makanan yang mengandung minyak dan manis! ATUR POLA MAKANMU!!


Jarang sih kayanya kalau yang berjerawat sekitar leher. Biasanya jerawat disekitar leher timbul akibat karena sang ’penderita jerawat’, kurang merawat kulit pada bagian leher HAYYOOO. Mungkin, mandinya kurang bersih, dakinya kurang di gosok, atau keringet habis berolahraga didiemin, gak diseka.

Solusinya? Hindari pemakaian cream atau lotion secara berlebih pada area tersebut. Jika kamu selesai berolahraga, segerakan lap atau seka agar cepat kering! Habis itu mandi jangan lupa :p Digosok dakinya biar gak nempel, karena bakteri suka banget bersarang disana.



Jika kamu mengalami jerawat pada bagian telinga atau 'pelipis mata dekat telinga' ya daerah situlah ya kaya gambar diatas, berhati-hatilah gaes!! SIAGA 1! Kenapa? Karena hal tersebut menunjukan bahwa ginjalmu sedang bermasalah. Kamu kurang minum! Hayoh, jangan malas minum!

Solusinya? Minum air minimal 8 gelas sehari atau 2 Liter air jangan lupa! Jangan malas! Jangan sepelein kurang minum! Bahaya lho kalau udah sakit ginjal! Usahakan pola makan yang sehat imbangi dengan serat juga, olahraga yang cukup dan istirahat. Kalau banyak kerjaan, lupain! Hehehe, karena sehat itu mahal, jaga lah nak!!