1/15/2016

Jalan-Jalan Ke Bukit Tinggi

Hay, gaes. kali ini gue mau throwback *tsaelllah* bareng Nadicuy dan Wance, kita ini sama-sama satu alumni, hihi, satu almamater yang sama di kantor advertising daerah BlokM. Nadicuy lulusan UI, Wance lulusan IPB, tapi beda jurusan sama gue, dia jurusan Informatika, Gue sendiri IPB, Komunikasi. Meskipun kita datang dari background yang beda, tapi ternyata kita punya keterkaitan, ciieleh.

Jadi ternyata gue sama Nadicuy ini, satu SMA yang sama, tapi kenapa kita gak saling kenal? Nadicuy ngerem di kelas atas, sebut saja kelas IPA, sedangkan gue ngerem di kelas bawah yah, kalian tau itu apa, yipp IPS.

Dan kita baru tau waktu kita kenalan, dari SMA mana nad?” Tanya gue kepo. SMA 3 Bekasi”, lahhhhhh angkatan berapa? Gue juga” dan begitu lah, hari itu kita laluin dan ketawa-ketiwi ngetawain dunia sempit banget, terlebih lagi muncul si Wance.

Wance ini temennya-temen gue. Jadi sebut saja AZIZ, dia minta tolong kalau ada temen nya yang ngaggur dan bersedia ditempatin dibagian apa aja, haha, dan ternyata, Temen KULIAHnya si Wance itu, Temen SMA Nadicuy dan Gue! Begitu sempitnya!

Dan kita di kantor tergabung dalam anggota anak-anak muda kurang ajar. Hahaha, jadi kita adalah tiga orang karyawan paling muda diantara karyawan-karyawan senior, ada yang junior, gak jauh dari kita masuknya, tapi umurnya super senior. Namanya PAK HERI, meskipun kita suka ngeledekin, jauh dari itu semua, gue menaruh rasa hormat sama dia, gue nganggep PAK HERI itu kaya Bokap gue dikantor, setiap punya apa-apa biasanya kita gak akan lupa buat nyamperin dia, tapi tetep kita suka ledekin dengan tiga kata sakti “APA SIH PAK HERI!” dengan nada khas agak di slowmotion.

Ini kali pertama kita jalan-jalan ikut RAPAT KERJA, Buat gue, Nadicuy, dan Wance. Nah ini ekspresi kita dengan gaya kita masih nyengir waktu mau berangkat, pastinya pulang muka kita udah kaya zombie, jadi gue kasih liat foto kita pertama.

 DAY 1

 
Wance, gue, nadicuy

 

kita naik citilink dan gretong!



 



Taaara, kunjungan kita pertama kali pada tempat wisata AIR TERJUN LEMBAH ANAI, Air Terjun yang menjadi maskot daerah Sumatera Barat Ini terletak di pinggir jalan lho. huaaaahh, tempat cantik yang gue gak pernah temuin di daerah Galaxy, hihihi yaeyaalah strid, bagus yah, masih asri gitu, Bukit Tinggi tempat yang akan gue kunjungin lagi suatu saat nanti, kenapa? Karena, disana masih asri, pohonnya banyak!! Yah maklum ajaa, pemandangan ini jarang gue temuin di daerah yang katanya berada diluar planet Bumi. *nyengir kuda*

Gue lupa nih, ketempat mana dulu ya? kayanya setelah asik main-main ke Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai, kita lanjut ke tempat Sate Padang yang lumayan terkenal di daerah Padang Panjang, apa namanya? hayo tebak?




Sate MAK SYUKUR ini, sudah cukup terkenal dikalangan para wisatawan, mungkin karena rasanya yang memang beda dan sudah pasti enaaak menjadikan SATE MAK SYUKUR ini banyak peminatnya. Tapi tau kah kalian? Sebenernya Sate Mak Syukur ini punya cerita tersendiri. apa strid? Mungkin di benak kalian Sate Mak Syukur ini yang jual Ibu-Ibu separuh baya yang makan sirih sambil pake tengkuluk, iya kan? ternyata engga lho gaes! Pendiri Sate Mak Syukur ini adalah seorang lelaki. Lho? iya MAK disini kepanjangan dari "MAMAK" yang artinya "laki-laki atau saudara laki laki dari pihak ibu baik adik atau kakak. gituuuuuu, Pendirinya pun bernama SYUKUR SUTAN RAJO ENDAH.

Nahh, lahlu, kita beranjak dan mulai main ke salah satu tempat PUSAT DOKUMENTASI DAN INFORMASI KEBUDAYAAN MINANGKABAU (PADANG PANJANG). Gue seneng deh ketempat ini, disini kita diceritain gimana kebudayaan Minangkabau dari A-Z, gue yang tadi nya gak tau, jadi tau.

Jadi cerita yang gue sering denger, memang benar adanya, dan disini gue dijelasin kalau anak laki-laki Minangkabau sejak kecil disuruh ngaji disurau, setelah beranjak dewasa mereka memang disuruh merantau, jadi gak heran ada film MERANTAU yang memang menggambarkan seperti itu.

 



Abaikan sosok tiga anak muda di belakang bapak-bapak ini

 lagi di jelasin tentang sejarah dan kebudayaan dari Minangkabau 



gue lagi jailin kang endes di foto, hahaha, dasar anak kurang ajar



Baju Adat Minang untuk "Pengantin"

Hiasan kepala sang pengantin wanita di sebut SUNTIANG GADANG

Kamu bisa melihat barisan gunung dan bukit dari sini lho! indahnyaa

 

Setelah memperkaya wawasan kita, saat nya kita melakukan uji nyali huahaha, gak dehh. kita melakukan perjalanan ke  LOBANG JEPANG, semi-semi sore dan mulai agak menggelap, kita mulai masuk ke dalam LOBANG JEPANG, ditemani oleh pemandu wisata. Meskipun gak hari libur, tapi tetep aja tempat wisata ini dipadati pengunjung.

pintu masuk Lobang Jepang

 

  




 

Gue gak bisa terlalu banyak cerita tentang LOBANG JEPANG ini, karena waktu berada di dalam gue fokus ngeliat senter dan kaki gue mengarah kemana sepiiik, hahahaha, gue lelaah mennn, ada ratusan anak tangga yang gue laluin.

Pokoknya yang gue denger dari guide nya cuma, "Kebanyakan pekerja paksa nya berasal dari daerah Jawa, mereka di bawa ketempat ini dengan mata ditutup. Sengaja ditutup, biar gak ada yang tau jalan, kalaupun ada yang keluar dari Lubang ini, mereka yang ada nyasar, para pekerja paksa ini gak ada orang asli Bukit Tinggi dan wilayah terdekat sini, mungkin takut mereka tau jalan pulang dan jalan keluar kali ya dan akhirnya?"   

"Banyak pekerja paksa yang akhirnya meninggal selain disiksa mereka gak diberi makan sekalipun, dan banyak wanita budak-budak sex oleh orang Jepang yang dibiarkan mati karena gak dikasih makan" seketika gue ngeri dan kesel betapa jahatnya orang yang nyiksa para pekerja paksa, gak kebayang. Mungkin mereka merasakan kesakitan dan mereka menangis dan gue pun terbawa suasana. SEKIAN

Jujur aja, Heeemm, apa yah? Bukit Tinggi itu masih asri, masih banyak pohon, banyak kelok, jarak dari satu rumah ke rumah yang lainpun gak berdekatan, gue ngerasa kaya balik lagi ke jaman dulu. hahaha, cem udah lahir aja waktu jaman dulu. lagi-lagi yang bakal gue ucapin yaitu. suatu saat gue bakal main lagi ke daerah Bukit Tinggi.

setelah melakukan perjalan ke LUBANG JEPANG, next kita ke hotel buat istirahat sejenak, yukkkss cuuss







Kita istirahat di Hotel The Hills Bukit Tinggi, letak nya ada di Jalan Laras Datuk Bandaro, Bukit Tinggi. Gue gak tau sih berapa biaya yang dikeluarkan buat nginep ditempat ini. hihihihi, ya you know lah, aii dibayarin kantor jadi gretong~ la la la la

Dannnnn, sebagai wisatawan penuh keinginan, kita memutuskan buat jalan-jalan ke JAM GADANG, gak afdol banget ke Bukit Tinggi tapi gak ke JAM GADANG. Apalagi, letaknya gak jauh dari hotel. Lalu sebagai anak muda penuh semangat gue, Nadicuy, dan yang lain memutuskan buat jalan kaki kesana. Wance? Wance lagi luluran dikamar mandi sambil nyatok rambut ._.

 JAM GADANG di kala malam



Hari semakin larut, meskipun kami sang jiwa muda ingin menghabiskan waktu malam bersama, tapi mata jua lah yang mengharuskan kita untuk tak lagi berkelana ~ iya kita cus balik lagi ke hotel buat tidur, karena besok ada Meeting Besar-Besaran, hahaha

DAY 3





Begini lah kelakuan kita sebelum akhirnya meninggalkan kamar, dan cus pergi. Dan, sepertinya hal yang wajib dilakukan bagi wanita ritual-ritual selpieh seperti ini hihi *ngikik*


dan ini yang kita lakukan sebelum bener-bener pergi dari The Hills Bukit Tinggi 

minus Wance sih, kayanya kali ini dia lagi catokan rambut sebelum bener-bener pergi ninggalin Bukit Tinggi. ahahaha, gak berubah emang kelakuan dia, gak di kantor gak, di tempat jauh, catokan selalu ada di dalam tasnya, yukkk


 JAM GADANG dikala pagi ~ Team Produksi minus Pak Heri

Sebelum melakukan perjalanan pulang, kita gak lupa buat belanja-belenji oleh-oleh buat orang rumah yang tercinta. Kita mampir ke pasar gak jauh dari Jam Gadang, namanya PASAR ATAS atau PASA ATEH, banyak banget barang-barang murah dan pintar-pintar lah menawar, kalau bisaahhh! Hahaha. Pasar Atas ini menjadi tujuan lain wisatawan juga lho!


 

Hayo ini apa? yapp! ini adalah AMPANG DADIAH, minuman segar khas Minangkabau. Minuman yang berasal dari fermentasi susu kerbau ini rasanya amat berbeda, dan punya khasiat tersendiri bagi si peminumnya lho! Campuran fermentasi susu dengan beras ketan merah dilumuri gula aren uuuuuhhhhhh, rasanya bikin segeeeer! Asem-asem manis gimana gituuu ~ Jangan lupa gaes, kalau main ke PASA ATEH, sempetin coba AMPANG DADIAH ya gaes!



 

Nah, karena sudah menjelang siang bolong, perut udah dangdutan, untungnya dibelakang PASAR ATAS kita bisa ngisi perut. Di Belakang Pasar Atas ini, lo bisa nemuin banyak yang menjual nasi KAPAU, entah ada Uni Pit, Uni ER, dan yang paling terkenal sih Uni LIS, ya pokoknya makan nasi Kapau di daerah Bukit Tinggi rasanya KAPAU banget lah!

Nyemil cantik ke tempat Bika Tagalo yang ada di Koto Baru, udaranya super sejuk dan ada pemandangan cantik di belakang Bika Tagalo ini, cekidot gaes!



 




Kaki Gunung Merapi, menyimpan banyak pesona bagi siapa saja yang datang berkunjung dan gak lengkap rasanya ke Bukit Tinggi, gak cobain Bika Talago. Makanan yang khas di daerah Minang ini terbuat dari adonan tepung beras, kelapa parut dan gula. Sedangkan gula nya ini ada gula putih dan gula merah, ya bisa sesuai serela mau makan yang mana. Proses pengerjaan nya pun masih terbilang tradisional, menggunakan kayu bakar. Jadi sudah dibayangkan wanginya yang khas, sambil menyeruput teh hangat atau segelas kopi dan beberapa buah Bika di udara sesejuk itu.










Entah, Panorama  SUNGAI LANDIA ini sudah di kelok berapa, yang jelas, semua penumpang sudah hampir oleng kapten. hihihihi, udah pada mabok, ada cerita lucu jadi sebagai penghilang rasa mabok, gue sama Nadicuy dan Wance menghilangkan mual dengan tertawa, tapi apa daya? yang ada kita malah di marahin sama senior hahaha, "wance jangan ketawa-ketawa dong, saya pusing denger suara kamu, saya jadi pingin munta*" hahaha, gue sama Nadicuy cekikikan dibelakang bangku Wance, memang derita lelaki sekong selalu disalahkan ceeeu! hahaha



setelah lelah berkelana, akhirnya kami pun tewang dan beristirahat menuju bandara ~ JANGAN bosen ikutin cerita perjalanan gue lainnya ya gaes!!

wance semacam pencopet di bis-bis sih disini, hahahha