Setelah survey beberapa gedung Nikahan di sekitaran Jakarta,
akhirnya kita memutuskan untuk memilih Gedung Sasana Kriya Mandira, TMII.
Padahal awalnya, kita mantep lho di gedung Sasono Utomo, sesuai
dengan impian gue yang kepingin banget punya pernikahan dengan suasana yang “JAWA BANGET”, tapi sayang setelah DP
ke Sasono Utomo dan cari rekanan vendor dari gedung tersebut
"ada beberapa yang kita kurang sreg" (hingga akhirnya DP - Hangus) dan akhirnya memilih Gedung
Sasana Kriya Mandira (Meskipun sama-sama
di TMII, tapi pengelola mereka berbeda lho).
Memilih gedung, sama halnya dengan memilih jodoh. Cocok-cocokan, iya gak sih? hahaha. Ada yang tempat
nya sreg - tapi, tanggalnya gak cocok. Ada yang tanggalnya cocok - tapi jam
nya gak pas. Ada yang jam nya pas dan tanggalnya cocok - tapi tempat parkirnya
gak memadai. Ada yang semuanya udah okey mulai dari tanggal, jam, tempat
parkirannya cocok – tapi akses buat kesana padat merayap minta tobat dan –
adapula yang daya tampung tamu tidak memadai. HHahilah, dramah banget milih gedung nikahan itu :') Mana harus
booking gedung dari jauh - jauh bulan (bahkan ada yang satu tahun sebelumnya)
biar gak keduluan orang.
Ternyata ngurusin pernikahan itu, senikmat - seindah - senyeni
ini lho gais hahaha. Belom lagi
deadline dikantor untuk akhir tahun, seru bingits lah pokoknya. Boro-boro mau
diet dan ngerawat badan. Bisa makan teratur dan ga kena maag, karena deadline
kantor aja udah alhamdulillah :') wkwkwk lebay mode on! Badan masih kaya
gentong aja lu strid :’)
DAN, Untuk pricelistnya langsung aja, hubungin Sasana Kriya
Mandira ya gais ! Oh, yes! Ada tempat penginapannya juga untuk para Capeng di
tempat tersebut. Penginapannya memudahkan para Capeng untuk wara wiri apalagi
Capeng Wanita yang harus standby di makeup jam 03.00 pagi kaya gue kemarin :')
berbekal daster langsung ngesot ke bawah gak pake ribet, Pokoknya tinggal cus !
Tips untuk Capeng yang mau hunting gedung ALA
gue :
1.
Pastikan anggaran untuk gedung pernikahan kalian!
(Kalian juga bisa me-minimalisir anggaran dan alokasikan dana
untuk keperluan lainnya) JADI, Gak perlu tuh ngoyo sewa gedung yang gak sesuai
sama anggaran dan bikin kantong jebol karena mentingin GENGSI “NO NO NO” (yang
ada malah bawa buntut dikemudian harinya), karena
sejujurnya kehidupan setelah pernikahanlah yang amat sangat penting dan KEHIDUPAN
SESUNGGUHNYA Baru dimulai. eyyaaa (baca tulisan gue yang nikah dibawah 50 juta, klik disini)
2. Pastikan jumlah tamu yang diundang!
(Plisss! Pake banget buat kalian yang mau melangsungkan
pernikahan, coba diliat lagi jumlah tamu undangannya udah fix apa belom? Gue
pernah dateng ke acara nikahan temen gue :") gedungnya padet merayap
dengan tamu yang super duper ruamek, tapi gedung tersebut gak mampu menampung
tamu undangan yang sebanyak ituh, sehingga mengakibatkan banjir badang di
ketiak para hadirin, karena harus berebutan oksigen sodarah sodarah) tips aja sih :’)
3. Pastikan
kapasitas daya tampung gedung
(ini berkaitan dengan berapa jumlah tamu yang diundang) Jangan
sampai daya tampung gedung gak mencukupi - DAN, kalian tetep ngoyo mau ngundang 20,000 orang dengan daya tampung gedung 200 orang, kebayang ikan sarden gua mah
:') jangan ya gais!
4. Pastikan tempat parkiran tersedia untuk
para tamu undangan (KEBAYANG GAK? Seandainya tamu undangannya
buanyak, kapasitas daya tampung tamunya cukup, tapi susah nyari parkiran. “Minta
TOBAT!” Pernah nih gue ngalamin, muter-muter dan ngantri cari parkiran buat
dateng ke nikahan temennya bokap. Sejam buat ngantri parkiran doang digedung
tersebut, sampai si pengantennya rada gak enak karena sebagian tamu undangan
banyak yang kesusahan cari parkirannya dan jadi datang di detik-detik mau
bubaran ;’D saran aja sih
5. Pastikan lokasi tempat strategis dan gampang
diakses oleh tamu undangan
(Kenapa harus pastikan lokasinya strategis atau engga?) karena,
gue pernah ngalamin, temen gue nikahan diujung berung, aksesnya susah bener dan
bener aja. Sebagian temen gue yang lainnya, gak banyak yang datang karena akses
menuju tempat tersebut cukup sulit dijangkau. Jadi saran aja dari gue, cari
lokasi ditengah-tengah biar gampang diakses sama tamu undangan dan kalau bisa akses
menuju gedungnya ada transportasi umum yang gampang diakses buat yang lainnya
:D jadi tamu undangan nya banyak yang datang dan bisa ikut bergabung merayakan
hari bahagia kalian ^^ aseg
6. Cari tau info sebanyak-banyaknya dan cari tau
fasilitas apa aja yang disediakan oleh gedung tersebut!
Sebelum memutuskan untuk memilih gedung Sasana Kriya Mandira
terlebih dahulu gue ngecek “KETERSEDIAAN Tempat” pada tanggal yang gue inginkan
di websitenya Sasana Kriya. GUE SENENG BANGET, Websitenya update dan ngebantu
banget para CAPENG yang mau booking dan cari tau info sebanyak-banyaknya di
website tersebut. Disana juga tersedia fasilitas apa aja yang bisa lo dapetin! Super seneng sih sama websitenya.
Setelah ngehubungi pihak gedung dan ngecek ketersediaannya gue
dan mamas langsung survey ketempat tersebut. Kebetulan, lagi ada yang nikahan,
jadi gue punya bayangan kalau kita melangsungkan pernikahan ditempat tersebut. Setelah
itu, hal yang pertama kali gue tanyain ke pihak gedung nya “AC nya ada berapa mas? Dingin gak untuk 1000 orang? Gak bikin orang
kegerahan kan? Takutnya nanti gak nyaman.” Wkwkwk bawell bener lu strid :’D
Bodo amaat! Selanjutnya cekidot,
review gue tentang Sasana Kriya Mandira yes!
Kalian bisa langsung menghubungi, Mas Ilham untuk info lebih
lanjut ya gaiss! Kebetulan pernikahan gue kemarin yang ngurusin gedungnya Mas
Ilham.
Ilham Mahmudi
Banquet Coordinator
Sasana Kriya TMII
Jl.Raya Taman Mini
Jakarta Timur 13820
Tlp.021-29389421/22 fax.021-29825911
Hp.081293603794