1/03/2019

Kosmetik Berbahaya di Tahun 2019

Sebagai calon emak-emak milenial yang masih tengah hamil, pastinya gue amat sangat – sangat protektif terhadap suatu produk yang nantinya bakal gue pakai. Termasuk kosmetik! Gak cuma buat bumil aja, kalian yang masih abegeh! Masih pada single dan remajah manjah, kalian tentunya harus sangat – sangat cermat dalam memilih produk kosmetik yang kalian pakai. Tampil keche emang hak setiap wanita, tapi tentunya kudu ditunjang dengan pengetahuan juga gaes! 
Misalnya aja, buat kalian para wanita yang pengen putih secara instan, adu - du - du, sering banget kayanya gue bahas di artikel - artikel gue sebelumnya (tapi udah banyak yang gue hapus, karena suatu dan lain hal) mungkin bagi para pembaca setia gue yang sering baca artikel gue 'atau bisa kalian searching di google tulis aja astridputrinda' nah banyak banget gue ngulas produk - produk kosmetik berbahaya. 
Jadi, big no - no kalau ada yang nawarin "produk pemutih instan" ya gaaaaess! Karena yang instan - instan itu gak baik, biasanya produk yang instan mengandung merkuri yang tinggi sehingga proses pemutihannya bisa berlangsung dengan cepat. IYA, Instan! Tapi beberapa bulan kemudian, beberapa tahun kemudian, baru deh kalian merasakan efek dan dampaknya. Entah tiba - tiba muncul flek - flek hitam lah, muncul jerawat lah setelah produk yang kalian gunakan berhenti dipakai. 
Kenapa sih wanita jaman sekarang harus cerdas? Ya, iya dong! Kudu wajib dan kudu harus cerdas wanita jaman sekarang! Buat kalian yang mau beli produk, kalian bisa cari di google tentang review - review produk atau liat - liat youtube, dan jangan lupa ada cara simple buat kalian memilih produk! Gimana caranya ?  JANGAN LUPA CEK KLIK! Apa itu strid?
Yang pertama, jangan lupa CEK KEMASAN ! Segera cek kemasan produk kosmetik yang nantinya akan kamu gunakan! Kamu harus mengecek kondisi produk tersebut terlebih dahulu. Pastikan produk tersebut dalam kondisi yang baik, seperti tidak rusak, sobek, penyok, jelek, dsb. Lihat kondisi produk tersebut dengan cermat! Apakah segelnya rusak, isinya tumpah kah? Dalam keadaan kotor kah? JIKA kalian ragu dalam membeli dan menerima barang tersebut, segera kembalikan produk tersebut kepada penjual atau toko tersebut. 
Yang kedua, Perhatikan LABEL sebelum membeli produk! Baca informasi yang tertera pada label dengan cermat dan pastikan bahan-bahan yang terkandung didalamnya aman, sehingga tidak berbahaya untuk tubuhmu. Misalnya tidak mengandung merkuri, timbal, arsen, rhabdomin, dll. Cek juga nama produk, nomor izin edar, nomor kode produksi, nama dan alamat produsen/importir/distributor produk, cek netto dan komposisinya, cek batas kadaluwarsanya, baca cara penggunaan yang tertera pada label! HARUS CERMAT! Memang Efeknya tidak sekarang, tapi nanti lihat beberapa tahun kedepan! So, jangan malaaaaas membaca ya sayangkuuuuhh! Karena itu untuk kepentingan tubuhmu juga 😀 Bukannya aku semata ! EEyyaaa
Yang ketiga, Cek IZIN EDAR gampang banget lho cara ngecek produk yang sudah memiliki izin edar. Tinggal download aplikasi CEK BPOM di google play, kamu bisa langsung tau produk tersebut sudah memiliki izin edar dari Badan POM atau belum. 
Caranya gampang banget!!! Yang pertama harus kalian lakukan adalah men-download aplikasi CEK BPOM di google play! Tenang gengs! Gratis kok 😉 Setelah men-download aplikasi tersebut, kalian tinggal pilih nomor registrasi yang tertera pada kemasan atau label di produk tersebut. Selain memilih untuk memasukkan nomor registrasi produk, kalian juga bisa memilih Nama produk, Nama Dagang atau Nama Produsen, Nama Importir. NAH! Setelah itu, dalam beberapa detik, langsung deh keluar hasilnya "MUDAH BUKAN" *ala Bu Sisca di acara AROMA - Indosia* wkwk 😆 sekip!

Semua produk yang telah memiliki izin edar dari Badan POM, sudah dipastikan aman ya gaaiss  So, buat para bumil dan semuah wanitah di penjuru Indonesia kalian gak perlu khawatir buat menggunakan kosmetik! Tinggal cek di aplikasi CEK BPOM aja yes! Mudah kok !! 
Yang terakhir, Segera cek masa KADALUWARSA nya gaiiss! Biasanya produk - produk kosmetik banyak dijual murah atau diobral yekan? Nah, kalian kudu ngecek masa kadaluwarsanya, gue sih khawatir, dijual murah karena masa kadaluwarsanya udin mau abis atau bahkan sudah lewat dari masa pakainya. 'Idiiiih suujon mulu lu strid' HAHA, ya moon maaap lahir batin deh 😀 SO, JANGAN LUPA CEK KLIK YA GAIS! KEMASAN, LABEL, IZIN EDAR dan KADALUWARSA. Simple kan 😉 Info pengaduan tentang produk - produk berbahaya bisa cek di layanan Badan POM ya tsay ðŸ˜‰

YUUK, jadi konsumen cerdas di era milenial! 💋