1/02/2019

Mood Swing Saat Hamil ?

ARTIKEL INI 100 % isinya curhatan gue . Kalau muak, tolong di skip aja :'P BHAY!
Pernah ngerasain mood swing saat hamil melanda ? Gue sebenernya juga kurang paham sih sama apa yang gue rasain sekarang. LHA GITUU! hahaha. Menurut apa yang gue baca, seorang ibu hamil yang mengalami  mood swing itu hal yang lumrah dan sangat - sangat normal. Hal tersebut dikarenakan peningkatan kadar hormon estrogen dan progesterone dalam darah. 
Kadang gue ngerasa sedih - sesedih - sedihnya, kadang gue ngerasa kesepian, kadang gue ngerasa tiba-tiba bahagia banget, kadang - kadang mood kacau bawaan mau marah - marah. TIBA - TIBA suasana hati bisa naik turun dalam sekejap. Entah karena gue ngerasaain jauh dari keluarga , temen , semua NYA? ENTAH LAH! 
Tinggal berdua didaerah orang dengan budaya yang super beda, HAMIL dengan mood swing yang bikin gampang cengeng, gampang baper, gampang salah paham sama Paksuami, bener-bener bikin gue gak nyaman banget. Bukan salah tempat dan budayaNYA. Tapi emang gue yang gak gampang beradaptasi dengan lingkungan sekitar :'D gue tipe orang yang susah bergaul dengan orang baru. GUE bukan tipe orang yang gampang SKSD. 
Mungkin beberapa orang yang belum mengenal gue, mereka akan berpikiran kalau gue ini orang yang jutek - sombong - senga - belagu - nyebelin. SUNGGUH! HAHAHA, Gue bukan orang yang kaya gitu. ITU CUMA CETAKAN MUKA GUE AJA YANG KAYA GITU. Aslinya gue baik kok, bahkan gue inget banget kata-kata temen gue kuliah. "Astrid itu kalau orang gak kenal bakal dikira sombong, tapi kalau udah kenal, haduuuhh. Bakal jadi sodara deh" Gak perezz sih gue, wkwk 
https://weheartit.com/entry/122932509
KAN LO ADA PAKSUAMI? Nah, karena mood swing ini. Gue jadi sering salah paham sama si Paksuami. Maksud dia A, tapi gue nanggepin nya B, Dan biasanya kalau kita gak sepaham gue akan manyun dan nangis - baper gak jelas. GUE juga kesel jadi cengeng begini. Tapi air mata turun gitu aja. Mataku tak tertahan dan tak bisa membendung nya. FUFU
Semenjak gue pindah ke Cabang dan mutusin untuk nemenin Paksuami, Itu artinya gue ikhlas melepas semuanya. YEAAH! GUE JUGA GAK NGELUH SIH, Gue cuma curhat tentang mood swing gue selama hamil yang gampang banget bikin gue jadi manusia cengeng dan baperan! 
YA ELAH! JAMAN UDAH MAJU, VIDEO CALL KALEE! Heloo! Sensasi videocall dan chatting itu beda sama lo ketemu dan nongki-nongki ngobrolin apapun sambil peluk sahabat lo dan bisa nenangin lo. 

Okay, lo pada tau gak sih  biasanya mood swing sering kali melanda ibu hamil sekitar usia kehamilan menginjak 12 Minggu (atau trimester pertama) dan puncaknya di Trimester terakhir (menjelang persalinan). Biasanya seorang ibu hamil akan mengalami mood swing pada tahap ringan, TAPI - ada juga yang bahaya dan sering juga disebut "DEPRESI". Pada tahap 'Depresi' seorang Ibu hamil harus segera berkonsultasi dan harus segera diatasi, karena hal ini bisa jadi menjadi penyebab dan menjadi awal mula seorang ibu baru terkena Sindrom BABY BLUES atau POST PARTUM DEPRESSION. 

BABY BLUES sendiri, merupakan suatu kondisi seorang ibu yang baru saja melahirkan dan mengalami suatu kesedihan dihari-hari setelah bayi itu lahir. Bukannya tidak menginginkan bayi itu hadir, tapi perasaan itu muncul secara tiba-tiba dan normal terjadi, setidaknya 70 - 80 % seorang ibu mengalami baby blues. 

Ciri - ciri kamu mengalami mood swing ; 
- Merasa bosan, sedih dan Lelah 
- Mudah marah, tersingung dan lebih sensitif 
- Merasa asing, bersalah dan malu

Lalu bagaimana cara mengatasi mood swing ? 
Yang pertama harus kalian lakukan adalah "Segera mencari bantuan", kalian harus segera menceritakan kondisi ini kepada pasangan kalian, kepada orang tua, kepada sahabat, kepada teman - kerabat atau segera berkonsultasi kepada Dokter, hal ini harus segera ditangani agar mood swing tidak berlarut - larut dan menjadi awal mula terjadinya baby blues! 

Yang kedua, Perbanyak istirahat! Kenapa? Selain menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil saat hamil, istirahat sangat diperlukan agar seorang ibu hamil tidak mengalami keadaan stress! YUK, jangan lupa tidur siang, karena tidur siang dapat mengembalikan stamina tubuh ibu hamil lho! trust me! ;p 

Yang ketiga, "BERSENANG - SENANG" , gunakan waktu me time dan bersenang - senang untuk mengusir rasa kesepian, sedih, dan gundah gulana. HAHAHA, Gue kemarin seharian di Salon, ngabur dari kantor ! Hair Spa, Massage, Facial, Manicure, Pedicure pokoknya lakukan hal yang ngebuat hati lo senang! BELANJA! Gue juga kemarin belanja biar perasaan senang wkwk. Kalau lo senang main games, yaudah lakuin! lo senang bikin kue, ya lakuin! Lo senang olahraga, ya lakuin! Pokoknya lakuin hal yang bikin hati lo senang :D 

Yang terakhir, habiskan waktu bersama pasangan kalian! HAL INI OBAT dari segala obat sih. Setelah menceritakan kondisi 'mood swing' kepasangan, segera diskusikan sama pasangan "kapan waktu yang tepat untuk kalian pergi Bersama" habiskan waktu Bersama! isi dengan hal - hal yang menyenangkan. Bicarakan dari hati ke hati semua hal yang mengganjal dihati lo dan sudah sepatutnya pasangan lo ngebantuin lo keluar dari kondisi itu :D masa buatnya berdua, susahnya sendiri, eeyyyaaa!