12/13/2018

Tempat Wisata di Toraja 'Goa Londa'

Setelah berjalan-jalan ke Patung Kristus atau Patung Yesus, kita lanjut ke tempat yang gak kalah menarik. MAU Kemana kita? *yaaak, ngomongnya jangan sambil nyanyi dengan nada dora*  wkwk. Kita melanjutkan ke GOA LONDA [Kecamatan Rantepao], dimana tempat tersebut kini sudah dijadikan objek wisata dan asal kalian tau gaaaeess! GOA ini sudah berumur ratusan tahun lho! DAN masih digunakan hingga saat ini. Di tempat ini jenazah di tempatkan berdasarkan strata yang dimakamkan.




Dari awal masuk, gue udah dibilangin sama para penjaga, Rangga dan termasuk kakaknya Rangga yang jadi tour guide kita, kalau “BUMIL”, jangan masuk kedalam goanya. Bumil nunggu diluar aja. Mas Alan sebenernya juga gak mau masuk ke dalam goa, dia mau nemenin gue diluar. 


Tapi karena gue maksa pengen tau isi didalamnya dan sementara gue gak bisa masuk kedalam, gue minta Mas Alan buat masuk dan mengabadikan moment pada tempat tersebut. Sayang banget udah jauh-jauh kesini tapi gak bisa liat-liat kan. Tapi, karena beberapa foto yang diambil mamas, akhirnya sedikit banyak gue tau sih ceritanya
Dalam akses menuju GOA Londa, kalian akan banyak banget menemukan buah kopi dikanan-kirinya. Dan, memang kopi TORAJA – ARABIKA terkenal banget - bahkan sudah sampai mancanegara lho gaes karena RASA dan AROMA nya yang khas ! Jadi gak heran, kalau kamu akan banyak menemukan kopi-kopi disekitar goa tersebut.

CANTIIIIIK BANGET KAN, PEMANDANGAN DISINI ;D GAK akan menyesal perjalanan jauh ke Toraja, DAN bisa menikmati objek wisata disini yang cantik dan beragam :D
 
 
Begini penampakan dari depan GOA LONDA
Kalau kalian mau jalan-jalan masuk ke dalam GOA, kalian harus menyewa lampu petromak dan Menyewa seorang tour guide untuk menjelaskan sejarah singkat pada tempat tersebut. Dan berikut foto-foto didalam goa yang sempat diabadikan mamas.
Kenapa banyak rokok? Ini bukan sembarang orang ngebuang rokok. Ini buat sesajen. Dan sebenarnya mamas sudah permisi foto tengkorak, tapi gue minta dihapus di HP nya mamas. takuut. Setelah berwisata dan mengabadikan moment dan dimanjakan pemandangan disini, kita memutuskan untuk berangcuts makan siang, bumil udah laper bingits. 

Dan, hati-hati buat para muslim :'D banyak makanan B2 Nya disini, tapi tenang jangan khawatir, banyak rumah makan Jawa juga kok yang muslim dan halal disini, mau tau tempat makanan nya? Lanjutss!

 
 
ini tempat belanja menuju parkiran, ada kerajinan tangan khas Toraja, monggo dibeli gaes buat oleh -oleh ! 

TEMPAT MAKAN HALAL UNTUK MUSLIM DI TORAJA
 
 
 
 
 
Akhirnya kita sampai di WARUNG MAKAN SARI KOSTAN "MASAKAN KHAS JAWA". GUE, mesen pecel hahahha, tapi mohon maaap untuk soal rasa kalian jangan bandingin sama rasa pecel di Jawa ya. Lumayan buat ngeganjel perut mah. Letaknya di Jalan Kostan, Malango', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara (tempat ini rekomendasi dari Rangga, karena depan-depanan sama sekolahnya dia dulu) >.< wkwk, wisata selanjutnya? lanjuutsss ke KETE KESU gengss, klik disini