2/01/2019

Review Bioaqua 'Green Bean Mud Mask', Aman kah??

Awalnya si Inge (adek gue) yang mesen di shopee, Bioaqua Green Been Mud Mask. Dan pas barangnya dateng, gue sebagai kakak yang baik mencoba untuk 'jadi kelinci percobaan duluan, sebelum adek gue make' 😝 HAHAHA, alibi!

Si Inge beli Bioaqua cuma seharga Rp 55,000 aja gaess! Tapi dapet Mask dengan jar seberat 120 gram! Tempatnya pakai kaca pulak! gils gue bilang sih. Kesan nya kaya mahal! Tapi, lo bayangin deh semurah itu harganya ! 😕 Emhh, ngertikan maksud gue? Paham kan 😏
Dapet spantulanya yang putih kecil. Untuk tekstur nya padet, halus, ya kaya mud mask pada umumnya lah. Untuk wanginya, YA WANGI kacang hijau! jujur gue suka wanginya 😛 Gak terlalu strong, gak terlalu manis, ya wanginya 'kacang hijau' pada umumnya wkwk 😝
Saat pengaplikasian, gue gak terlalu banyak menggunakan si green bean mud mask nya. Cukup oles tipis hingga rata aja gengs! Setelah menunggu 20 menit, gue bilas hingga bersih. Ya agak susah sih ilangnya, gue kudu ekstra gosokin muka 😖 karena agak menempel dengan kuat mud mask nya di wajah. DAN, PENDAPAT GUE, SETELAH MENGGUNAKAN PRODUK INI ?
 
Sebelum menggunakan nya, muka gue bener-bener berminyak abeess! Mungkin kalau pertamin* liat, muka gue di bor kali, gara-gara mirip kilang minyak wkwk 😁 Dan setelah menggunakannya, muka gue jadi kenyel, minyak hilang, lebih seger! Tapi, habis itu, keesokan harinya muka gue timbul beberapa jerawat kecil 😞 Segitu aja sih pengalaman gue menggunakan Green Bean Mud Mask. Bikin kapok? iyes. Mau beli? no 😝
Okay, sekarang kita cari tau dari mana sih Bioaqua ini? Berdasarkan hasil googling gue, Bioaqua merupakan produk yang berasal dari China yang diproduksi oleh GuangZhou OBO Cosmetic Co, Ltd. Mereka memiliki pusat penjualan di Alibaba.com. Berikut hasil copas gue di google terjemahan (moon maaap, artinya berantakan. Males, ngartiin wkwkwk. Udah mau masuk 9 bulan si kakak sekarang udah anarkiss sekaaleeh)😝
" Didirikan pada tahun 2008, OBO Group adalah salah satu produsen terkemuka di industri kosmetik, dengan volume penjualan yang luar biasa di pasar domestik Cina, dan perputaran kecepatan tinggi di pasar luar negeri. Mengintegrasikan pengembangan produk, produksi produk dengan penjualan produk, OBO menawarkan pelanggan one stop Layanan dan pesanan OEM ODM sangat disambut. Untuk memenuhi persyaratan ini, OBO menjalankan 3 pabrik, termasuk pabrik pengemasan, pabrik injeksi plastik dan pabrik kosmetik. Sebagai salah satu dari 3 pabrik, Guangzhou OBO Cosmetics Co, Ltd mencakup sekitar 270.000 persegi Oscar kualitas, dan telah membentuk proses lengkap sistem kontrol kualitas, termasuk pengujian bahan baku, pengujian pertama, pengujian kedua, setengah jadi Pengujian produk, pengujian stabilitas produk, pengujian keamanan produk serta pengujian fungsi produk, dll "
OEM (Original Equipment Manufacturer) : Yang dimaksud dengan perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan memproduksi produk (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukannya dan dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut kemudian melakukan pendistribusian atas produk atau komponen tersebut.

Spesifikasi yang dimaksud disini (OEM) adalah spesifikasi produk yang ditentukan oleh perusahaan OEM. Dengan kata lain, perusahaan OEM melakukan produksi produk atas nama perusahaan lain, setelah itu perusahaan pembeli memasarkan produk tersebut dibawah merek mereka sendiri. OEM dalam bahasa Indonesia disebut dengan Produsen Peralatan Asli.

ODM (Original Design Manufacturer) : Yang dimaksud dengan perusahaan ODM (Original Design Manufacturer) adalah suatu perusahaan atau organisasi yang merancang dan memproduksi produksi (komponen ataupun barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Produk yang diproduksinya tersebut kemudian dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut memasarkan produk tersebut dibawah merek mereka sendiri.

Dengan kata lain, menurut gue Bioaqua 'punya suatu produk' kemudian mereka order ke pabrik untuk di produksi dan diperbanyak. Semakin banyak di produksi, maka biayanya semakin murah. Jadi si Bioaqua ini gak punya pabrik sendiri, banyak juga sih yang kaya gini kayanya. DAN, Si pabrik gak bisa menjamin manfaat untuk produk yang diorder. Karena mereka memproduksi sesuai "orderan" dari pada konsumen mereka.  DAN, LAGI-LAGI, Sayangnya, bioaqua banyak banget ngejiplak produk-produk lain, gak kreatip 😒 contohnya kaya dibawah ini ;
Bener-bener plek-ketiplek kan gengs! 
Harga US $ 0.54 - 2.16, MOOON MAAP KALAU SALAH KONVERSI NYA YES
Sekitar Rp 7,549 kalau lo beli minimal 72 pieces dari web Alibaba 😱😱 Terus, berapa biaya bahan baku nya?? 😱😱😱😱😱😱😱😱 MAYGAT! 
Link Berita, klik disini
link berita, klik disini

Disini ada beberapa berita yang gue searching di google, mereka merazia kosmetik ILEGAL. Ilegal sendiri mempunyai arti tidak sah menurut hukum, dalam hal ini melanggar hukum, barang gelap, liar, atau tidak mempunyai izin dari pihak yang berwenang. Yang artinya, BioAqua "gak punya izin edar di Indonesia". Gituuuu! 😁 Karena produk yang baik adalah produk yang sudah terdaftar dari Badan POM. Kalian juga bisa melakukan CEK KLIK sebelum membeli suatu produk.

So, kesimpulannya menurut gue, produk Bioaqua ini belum Legal, karena Badan POM masih sering merazia produk ini. Kita juga gak tau aman atau engga bahan yang digunakan, karena tulisannya cina gitu 😛 abdi teu ngarti. hihihihi, Banyak ngejiplak produk-produk bikin kita harus, berpikir ulang untuk membeli produk BioAqua! SO, Hati-hati ya gaes sebelum membeli suatu produk! Jangan lupa CEK KLIK ! 😉 

UPDATE 
Pas, gue cek di WEB BPOM, ada nama pabrik BIOAQUA nih gaes! Kemudian gue klik view , produk yang di produksi.
Link klik dimarih gengs!
MERK : ELOV
Pendaftar : PT. Mutiara Elok Nuansa

😐 Produk ini aneh banget, gue gak ngerti deh hahahahaha! Saran gue, kalau ragu tinggalin, kalau mau coba ya monggo. Silahkeun. hahahaha 😛 MOOOON MAAP KALAU BANYAK SALAH GENGS, Doakan persalinan bumil lancar. Aamiin